Tips menjaga badan tetap ideal dengan mengkonsumsi mankanan rendah kalori

Tips menjaga badan tetap ideal dengan mengkonsumsi mankanan rendah kalori - Kalori meruapakan salah satu zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Namun apabila jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh anda memiliki kadar yang lebih banyak di bandingkan dengan jumlah kalori yang bisa di bakar oleh tubuh maka bisa mengakibatkan peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

Apabila anda sedang berfikir untuk menurunkan berat badan atau anda ingin menjaga agar berat badan anda tetap ideal maka anda sangat mebutuhkan makanan yang memiliki kadar kalori rendah hal ini bertujuan agar dapat menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh dan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.


Makanan dengan jumlah Kalori Rendah 

Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan kalori yang rendah serta sangat baik dikonsumsi agar dapat menjaga berat badan. 

Sayur dan buah

Semua orang sudah mengetahui bahwa syur dan buah merupakan jenis makanan yang sangat sehat serta sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu syur dan buah juga mempunyai kandungan kalori rat-rata kurang dari 100 untuk satu takaran saji. Contohnya saja kalori yang terdapat didalam wortel, timun, seledri, kemabng kol dan juga tomat. Dan untuk buah sendiri dengan jumlah kalori yang kurang dari 100 ialah buah, nanas, anggur, avocado, semangka dan juga stroberi.

Apabila anda suka mengkonsumsi cemilan maka dengan mengkonsumsi satu cangkir anggur itu lebih sehat apabila di bandingkan dengan mengkonsumsi kismis. Hal ini dikarenakan kalori yang terdapat didalam satu cangkir anggur sam dengan seperempat cangkir kismis. Dengan kata lain apabila anda mengkonsumsi anggur dapat membuat anda lebih tahan lapar. 


Kacang dan biji-bijian

Kacang serta biji-bijian merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan kalori yang rendah. Contohnya saja satu genggam kacang almond mempunyai kandungan kalori sekitar 80kalori. Dan dengan mengkonsumsi sebanyak 10 biji kacang pistachio hanya menambah jumlah kalori sebanyak 40 kalori.

Apabila anda mengalami lapar diantara jam makan anda dapat mengkonsumsi popcorn karena popcorn sangat rendahh kalori apabila tidak ditambah dengan mentega dan gula. Dengan tiga setengah cangkir popcorn mengandung kalori sebanyak 100 kalori.



Ikan

Salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan kalori rendah lainnya ialah ikan. Jumlah kandungan kalori pada ikan berkisar antara 90-200 kalori untuk 84 gram atau stara dengan 3 ons ikan. Contoh nya saja ikan salmon, tuna dan ikan kod. Selain itu juga anda harus memastikan bahwa ikan yang dikonsumsi diolah dengan cara yang benar seperti ditumis menggunakan minyak yang sedikit atau bisa juga dengan di kukus. Sebaiknya anda harus menghindari menggoreng ikan sampai garing.

Apabila anda tidak suka mengkonsumsi ikan maka ada jenis sumber protein hewani lain yang rendah lemak ialah daging yang mempunyai warna putih missal nya saja dada ayam, dan anda juga harus memastikan bahwa anda menyisihkan kulit ayam nya karena kulit ayam mempunyai kandungan kalori yang tinggi.

Kalori yang Dibutuhkan Tubuh
Kalori yang dibutuhkan oleh tubuh manusia berbeda beda hal ini bisa berdasarkan pada usia, jenis kelaim, serta jumlah aktivitas orang tersebut. Contohnya saja kalori yang dibutuhkan oleh anak-anak yang berumur 2-8 tahun itu berkisar antara 1000-1400 aklori dan jumlah kalori ini sangat berbeda dengan perupuan berumur 14-30 tahun dengan aktifitas yang tinggi biasanya membutuhkan kalori sebanyak 2400 kalori sedangkan wanita berumur 14-30 tahun dengan aktivitas rendah hanya membutuhkan jumlah kalori sebanyak 1800 – 2000 kalori.

Pria yang mempunyai usia antara14-30 tahun dan memiliki aktifitas cukup berat membutuhkan kalori sekitar 2800-3000 kalori. Namun apabila aorang tersebut kurang aktif hanya membutuhkan jumlah kalori sebanyak 2000-2600 kalori. Untuk peria dan wanita yang mempunyai umur lebih dari 30 tahun serta cukup aktif, kalori yang dibutuhkannya sekitar 2200-3000 kalori. Namun apabila pada usia tersebut aktifitas sudah mengalami banyak penurunan hanya membutuhkan kalori sebanyak1800-2200 kalori.


Baca Juga : Contoh Pilihan Makanan Untuk Diet yang Murah dan Bergizi
Apabila jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh berlebih maka bisa berubah menjadi lemak didalam dan kemudian akan disimpan didalam sel lemak. Akan tetapi bila anda mengurangi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh dan jumlah kalori lebih banyak yang dibakar maka akan mebuat sel lemak menciut.

Apabila anda ingin menurunkan berat badan anda dan menjaga badan anda agar tetap ideal sebaiknya kuragi asupan kalori yang masuk kedalam tubuh anda. Tapi anda juga harus selalu mengingat apabila jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh anda terlalu sedikit hal ini juga sangat tidak baik. Dengan kekurangan jumlah kalori didalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa efek samping. Contohnya saja mudah lelah, mual, diare, atau juga sembelit. 


Dengan mengkonsumsi makanan yang redah kadar kaloirnya dapat membantu anda didalam membuat perut tetap kenyang tanpa harus mengalami kekurangan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber: https://3.bp.blogspot.com/-Qoc7lfGiqfY/WDVJYiQtU_I/AAAAAAAAAJ8/lubv5kA2Ybs-UlYgTNQG_zYviiOi7iflgCLcB/s1600/langsing.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips menjaga badan tetap ideal dengan mengkonsumsi mankanan rendah kalori"