tes header

Pantangan bagi penderita diabetes


Bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes maka anda sangat di anjurkan untuk memperhatikan jenis bahan makanan sehari-hari yang di konsumsi oleh anda. Contohnya saja anda lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah apabila dibandingkan dengan nasih putih, hal ini disebabkan karena nasi putih merupakan salah satu jenis makanan yang seharusnya dihindari bagi anda penderita diabetes.

Untuk anda yang mempunyai penyakit diabetes, memilih jenis makanan merupakanan keiatan yang sangat penting , hal ini disebabkan karena ada beberapa jenis kelompok makanan tertentu yang di konsumsi da nada juga klompok lain yang harus di hindari dengan melakukan kegiatan ini penderita diabetes bisa mengontrol jumlah gula darah di tubuh. 

Apakah Diabetes Itu?

Diabetes sendiri merupakan kelainan pada metabolisme didalam tubuh dimana akan terdapat kenaikan pada gula darah . hal ini disebabkan karena tubuh tidak sanggup dalam memproduksi insulin atau bisa juga sel sel didalam tubuh menjadi kurang peka pada insulin. Walaupun insulin sendiri merupakan salah satu hormone yang sangat membantu didalam mengontrol kadar gula darah didalam tubuh.

Gejala yang biasa terjadi pada orang yang telah mendertia diabetes ialah cepat lapar, mudah lelah, cepat haus, mulut kering, penglihatan kabur, kulit terasa gatal dan buang air kecil lebih sering. Salah satu penanganan penderita diabetes ialah dengan melakukan pengaturan asupan makanan selain itu juga anda dapat melakukan latihan jasmani serta pemberian obat.

Pantangan Diabetes yang wajib Diperhatikan

Untuk penderita diabetes maka asupan makanan yang masuk kedalam tubuh sangatlah berpengaruh. Ini merupakan daftar makanan yang boleh dan juga tidak boleh dikonsumsi bagi anda para penderita diabetes.

Karbohidrat

Tubuh anda sangat memerlukan karbohidrat yang berfungsi sebagai tambahan tenaga. Namun sebaiknya anda menghindari karbohidrat berupa nasi putih, kentang goring dan roti putih. Selain itu juga anda harus menghindari sereal yang banyak mengandung gula dan memiliki kadar serat yang sedikit.

Sebaiknya anda memilih beras merah, ubi jalar yang di panggang, roti yang berasal dari biji-bijian utuh serta makanan yang berasal dari jagung.

Protein

Untuk pantangan selanjutnya bagi penderita diabetes ialah kulit ungas, ikan goring, daging digoreng, keju dan juga tahu goring. Untuk asupan protein bagi penderita diabetes bisa mendapatkannya dari dada ayam tanpa kulit, ikan oanggang, tahu kukus, daging rebus dan juga kacang-kacangan.

Produk susu
Bagi anda penderita diabetes sebaiknya anda menghindari susu full cream, keju, yougurt, dan es krim. Namun anda juga dapat mengkonsumsi produk susu misalnya saja yougurt rendah lemak, keju rendah lemak dan juga susu skim.

Minuman serta buah-buahan

Buah buahan banyak mengandung serat , mineral, karbohidrat dan juga vitamin akan tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.

Untuk enderita diabetes sangat dianjurkan untuk menghindari minuman rasa buah dan jus buah terutama yang telah ditambah dengan gula serta buah kalengan yang telah dicampur dengan sirup gula. Sebaik nya juga menghindari selai buah yang telah ditambah dengan gula dan utnuk alternative anda bisa memilih buah-buahan yang masih segar, selai yang tidak dicamur gula dan jus buah asli tanpa penambahan pemanis atau gula.

Selain itu penderita diabetes juga sebiknya menghindari konsumsi teh manis, minuman beralkohol, kopi yang ditambah gula full cream, minuman enambah stamina dan juga minuman bersoda. Selain dengan mengkonsumsi air putih para penderita diabetes juga dapat mengkonsumsi the tanpa gula, coklat panas tanpa pemanis serta kopi ditambah susu rendah lemak.

Sayuran
Sayuran sendiri merupakan salah satu sumber serat yang mempunyai manfaat sangat baik bagi kesehatan. Sebaiknya memilih sayuran yang masih segar dan juga bisa dimakan mentah serta dapat diolah dengan cara di panggang atau di kukus.

Hindari sayuran yang harus ditambah dengan keju, mentega dan saus. Selain itu juga cobalah untuk menyisihkan syuran kaleng yang telah ditambah dengan garam. Apabila penderita diabetes mempunyai tekanan darah tinggi maka harus menghindari sayuran yang telah dibuat menjadi acar.

Bagaimana apabila para penderita diabetes mengonsusmsi makanan yang telah di larang

Apabila penderita diabetes tetap saja mengonsumsi makanan yang sudah dilarang maka akan membuat gula darah menjadi meningkat dan dapat berakibat kepada banyak nya komplikasi di tubuh seperti semakin meningkatnya resiko terserang penyakit kardiovaskular serta kerusakan saraf, untuk jenis penyakit kardiovaskular yang dapat diderita missalnya pinyimpangan pembuluh darah, stroke dan juga serangan jantung.

Kerusakan saraf bisa membuat gejala kesemutan pada bagian ujung kaki, nyeri hingga mati rasa, dan hal ini dapat menyebar hingga kaki bagian atas. Kompilasi ini bisa terjadi didakrenakan tingginya kadar gula dan bisa melukai dinding kapiler yang memiliki fungsi untuk menyehatkan saraf, dan terutama saraf kaki. Dan apabila kerusakan saraf nya terjadi pada bagian pencernaan bisa berakibat pada sembelit dan juga diare. Pada peria juga dapat terjadi disfungsi ereksihal ini dikarenakan terjadinya kerusakan saraf.

Sumber gambar: http://www.caramedis.com/wp-content/uploads/2016/04/tipe-penyakit-diabetes-melitus.jpeg
Posting Komentar
Click to comment