5 Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang termasuk kedalam family zingiberaceae, kunyit bisa tumbuh dengan sangat baik pada daerah tropis dan juga sub tropis untuk wilayah asia sendiri kunyit bisa digunakan untuk bumbu masakan. Di Indonesia sendiri kunyit biasa digunakan sebagai minuman kesehatan atau jamu, dan di india kunyit biasa digunakan didalam proses penyembuhan luka.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari kunyit yang sangat baik bagi kesehatan tubuh :

1. Mengatasi inflamasi atau peradangan


Inflamasi atau bisaa disebut dengan peradangan merupakan proses yang terjadi sebagai reaksi yang diakibatkan karena infeksi atau gangguan pada bagian sel di jarian dalam tubuh.

Sebagian besar inflamasi yang terjadi didalam tubuh bisaanya diakibtakan oleh bakteri serta radikal bebas yang dapat memicu pelepasan senyawa sitokin.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di publikasikan di dalam journal of oncogene, kandungan curcumin yang terdapat didalam kunyit dapat meningkatka kekebalan dari sel imun serta juga dapat menghambat produksi dan prostaglandin sehingga inflamsi yang terdapat didalam tubuh bisa berkunrang serta rasa sakit yang dapat di atasi.

2. Mencegah kanker 

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan didunia. Penyakit kanker sendiri diakibatkan oleh mustasi gen yang terdapat didalam tubuh.

Pertumbuhan sel kanker biasanya tidak terkendali serta dapat dengan mudah menyebar pada organ vital lain. Penyakit kanker bisaanya disebabkan oleh berbagai factor salah satu faktor nya ialah gaya hidup yang kurang sehat, radikal bebas, dan infeksi virudan dan juga bakteri. Senyawa radikal bebeas seperti halnya hydrogen proksida bisa mengakibatkan kerusakan gen serta dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Oleh karena itu sudah ada penelitan yang membuktikan bahwa antioksidan yang terkandung dialam kunyit dapat menurunkan dan mencegah pengaruh dari radikal bebas dan juga dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Selain itu juga penelitian yang telah dilakukan juga menyebutkan bahwa curcumin yang terkandung didalm kunyit dapat membantu membunuh sel kanker serta juga meningkatkan efektifitas obat konvensional yang biasa digunkan didalam pengobatan kanker. 


3. Mencegah serta mengurangi gejala radang sendi (arthritis) 

Radang sendi atau arthritis merupakan penyakit yang dapat memicu rasa sakit yang tinggi pada bagian persendian tubuh.

Telah banyak bahan herbal alami yang bisa digunakan didalam mengurangi gejala radang sendi ini, salah satu bahan tersebut ialah kunyit. Kandungan curcuminoid serta minyak essensial yang terdapat didalam kunyit dapat mengurangi dari senyawa yang menyebabkan radang persendian.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa senyawa yang terdapat didalam kunyit bisa bekerja dengan baik dan optimal apabila digunakan atau dikonsumsi ketika rasa sakit belum muncul. Dengan demikian apabila anda adalah salah satu dari penderita penyakit radang sendi anda dapat mengkonsumsi kunyit tanpa harus menunggu datangnya rasa sakit dipersendian anda.

4. Meredakan maag

Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang terdapat didalam saluran pencernaan.

Penyakit maag sendiri bisa diakibatkan oeh berbagai faktor, salah satu nya ialah pola makan yang kurang baik serta tidak teratur dan juga infeksi akibat bakteri yang menyerang dinding lambung. Kandungan senyawa curcumin didalam kunyit dapat membantu didalam merangsang sekeresi mukus dengan kata lain lendir yang melindungi dinding lambung.

Tidak hanya itu curcumin yang terkandung didalam kunit juga dapat membantu didalam menghambat prodksi dari asam lambung yang dapat mengakibatkan rasa perih pada penderita penyakit maag. Dengan secara rutin mengkonsumsi kunyit dapat membantu didalam proses penyembuhan luka di asam lambung dan juga meningkatkan nafsu makan.

5. Meredakan stress 

Strees bisa diakibatkan oleh berbagai factor salah satu yang paling umum ialah beban hidup yang berat. Serta hal –hal yang bisa membuat pikiran menjadi berat dan tidak terkendali.

Dewasa ini masalah stress banyak diderta oleh masayarakat modern. Terutama bagi mereka yang sangat sibuk didalam urusan belajar dan bekerja. Dengan mengkonsumsi kunyit baik dalam bentuk suplemen, jamu ataupun dengan mencampukannya didalam susu bisa membantu didalam menenangkan saraf dan juga meredakan setress.

Penelitain yang telah dilakukan oleh the Government Medical College , Gujarat, India telah menemukan bahwa efek dari curcumin didalam kunyit memiliki efek yang sama dengan obat anti depresi missalnya Prozac. Oleh karena itu kunyit yang di ekstrak bisa digunakan didalam kegiatan terapi depresi untuk jangka waktu yang lama dan yang pasti ialah tanpa adanya efeksamping yang ditimbulkan.

Demikianlah 5 Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh manusia, tanaman yang mudah kita dapatkan, tetapi memberi dampak yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sumber Gambar: https://images.detik.com/content/2013/04/21/234/085204_kunyit.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh"