tes header

Dampak Negatif Tidur Terlalu Malam/Begadang, Bisa Terkena Penyakit Jantung dan Diabetes


Dampak Negatif Tidur Terlalu Malam - Update artikel terbaru kali ini Fokesehatan.com akan memberikan informasi tentang dampak negatif tidur terlalu malam, dampak negatif begadang terlalu malam, bahaya begadang malam hari, bahaya tidur larut malam. Bagi Anda yang sering tidur larut malam, sebaiknya mulai sekarang harus Anda kurangi karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Tidur terlalu larut malam yang sering Anda lakukan ternyata bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes dan penyakit jantung. Selain itu keseringan tidur terlalu malam bisa menyebabkan terjadinya penyakit hati atau liver. Profesor Philippe Froguel dari Imperial College London mengatakan, " Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyaknya proses yang diatur oleh jam biologis tubuh." Salah satu jam biologis itu adalah tidur, dan terganggunya proses tidur itu akan berdampak pada kontrol gula darah. 

Dampak buruk tidur larut malam
Dampak buruk tidur larut malam


Penelitian baru terkait kebiasaan tidur yang digelar beberapa waktu lamanya akan menunjukkan bahwa gejala diabetes sudah muncul saat mengalami gangguan tidur selama 3x berturut-turut. Dan hasil penelitian ini pun telah dipublikasikan oleh Nature Genestics yang diberitakan oleh Daily Mail. Nature Genestics telah melakukan penelitian ini terhadap 20 ribu pekerja shift malam, dan dari hasil penelitian ini terbukti untuk pekerja shift malam rentan terhadap penyakit diabetes dan penyakit jantung. Peneliti ini telah menemukan 4 varian gen yang beresiko terkena diabetes maupun penyakit jantung.


Berikut adalah penjelasan singkat tentang tidur terlalu malam dengan kerusakan hati :

  • Pada malam hari ketika jam 9-11 => pembuangan zat-zat tidak berguna atau menjadi beracun (de-toxin) dibagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu itu seharusnya dilalui dengan suasana yang tenang atau bisa dengan mendengarkan musik.
  • Pada malam hari dari jam 11 - jam 1 dini hari => saat proses de-toxin dibagian pada hati, maka harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. 
  • Ketika dini hari pada jam 1-3 => proses de-toxin dibagian empedu juga berlangsung keadaan tidur
  • Pada dini hari ketika jam 3-5 => de-toxin ada dibagian paru-paru. Dan sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu itu. karena proses pembersihan de-toxin telah mencapai saluran pernafasan, maka tidak perlu untuk minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran. 
  • Pada pagi hari jam 5-7 => de-toxin ada pada bagian usus besar, harus melakukan buang air kecil maupun besar.
  • Pagi hari pada jam 7-9 => waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, maka harus selalu makan pada pagi hari.

Tidur terlalu malam itu dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Dan selain itu, dari tengah malam sampai pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang berfungsi untuk memproduksi darah. Maka dari itu mulai dari sekarang dan seterusnya anda harus tidur yang cukup dan tidak tidur terlalu malam dan jangan sesekali anda begadang untuk hal yang tidak bermanfaat. 

Demikianlah beberapa dampak negatif akibat dari keseringan tidur terlalu malam. Semoga info kesehatan diatas bermanfaat untuk Anda. Mulai sekarang tidurlah dengan teratur demi menjaga kesehatan Anda.

Tags:
dampak negatif tidur terlalu malam, dampak negatif begadang terlalu malam, bahaya begadang malam hari, bahaya tidur larut malam
Posting Komentar
Click to comment