tes header

Cara Push Up Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan


Cara Push Up Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan - Update artikel terbaru kali ini yoDiets.Com akan memberikan informasi tentang bagaimana cara push up yang benar, cara push up yang baik dan benar, posisi push up yang baik dan benar, manfaat push up bagi kesehatan. Jika Anda ingin memiliki badan yang kekar dan berotot maka Push Up menjadi salah satu caranya.  

Push Up adalah olah raga untuk menguatkan otot lengan Anda yaitu otot bisep dan trisep Anda. Push Up bisa  dilakukan dimana saja, misalnya di depan rumah, di ruang tamu, di lapangan, di tempat olah raga, di tempt fitness atau yang lainnya. Cara melakukan Push up meskipun kelihatan gampang, tetapi sebenarnya masih ada juga yang salah dalam melakukan push up karena terlihat tidak efektif dan efisien. Push up yang tidak benar justru bisa merugikan kesehatan Anda. Karena itulah lakukan push up dengan baik dan benar agar manfaatnya terasa untuk tubuh Anda.

Sebelum dijelaskan bagaimana gambaran cara push up yang benar, terlebih dahulu admin informasikan pada Anda beberapa manfaat Push up bagi esehatan yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya berikut ini.

Manfaat Push Up Bagi Kesehatan Tubuh


1. Mengencangkan Otot Lengan
Melakukan push up yang baik dan benar akan mengencangkan otot-otot anda, terutama pada bagian lengan, dada, dan perut.

2. Meningkatkan Percaya Diri
Dengan melakukan push up yang rutin maka akan meningkatkan rasa percaya diri kamu, karena vitalitas yang meningkat akan membuatmu Pede dalam setiap penampilanmu. Selain itu, dengan melakukan push up sebanyak 50 sampai 100 kali tentunya akan membuatmu percaya kalau kamu memang kuat, maka dengan begitu anda akan percaya diri.

3. Membakar Kalori
Tentunya dengan melakukan push up, maka tubuh kamu akan memerlukan energi yang banyak. Maka energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak kamu, untuk itu push up dapat menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori di tubuh.

4. Mencegah Osteoporosis
Dengan melakukan push up kekuatan tulang otomatis bertambah atau meningkat.

5. Membantu Metabolisme Tubuh
Push up meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh yang mengakibatkan kerja jantung dan aliran darah meningkat.

Cara Push Up yang Baik dan Benar


1. Push up dinding (Untuk Pemula)

Untuk pemula yang belum sanggup menopang berat badan dengan tangan bisa melakukan push up berdiri menghadap dinding.


Berdiri kurang lebih dua atau tiga langkah menghadap dinding. Letakan telapak tangan pada permukaan dinding kemudian dekatkan wajah ke dinding dengan cara menekuk lengan. Lakukan berulang-ulang. Bagi yang sudah terbiasa bisa melakukan gerakan push up dinding ini beberapa puluh kali setiap sesi. Saat memerlukan beban yang lebih berat, Push up berlutut bisa dicoba.

2. Push up lutut (Intermediate)

Push up dengan menggunakan lutut sebagai tumpuan memiliki beban yang lebih berat dibanding dengan push up dinding.


Posisikan tubuh seperti push up sempurna tetapi menggunakan lutut sebagai tumpuan. Karena lutut kurang fleksibel push up ini mungkin menimbulkan rasa sakit di lutut. Jika perlu taruh bantalan empuk dibawah lutut untuk menghindari cedera. Setelah berada dalam posisi seperti gambar diatas, tekuk tangan sehingga tubuh mendekati lantai kemudian push tubuh ke atas (up). Jaga agar lutut, pinggang dan kepala selalu berada dalam garis lurus. Lakukan gerakan ini berulang ulang sebanyak 10 kali per sesi dengan beberapa sesi sekali latihan.

3. Push up sempurna (Proffesional)

Push up sempurna tentu saja membutuhkan tenaga yang lebih besar dibanding dengan push-up sebelumnya karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Sebaiknya lakukan diatas alas yang keras misalnya di atas lantai atau matras tipis. Letakan kedua telapak tangan di lantai denga ujung jari kaki sebagai tumpuan. Untuk keseimbangan, kaki jangan terlalu menyempit atau melebar kira-kira selebar bahu.

Jaga agar kaki, pinggang dan kepala tetap dalam keadaan lurus. Tekuk lengan bawah dan lengan atas sampai membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong keatas sambil mengambil napas. Saat badan diturunkan buang napas secara perlahan-lahan.

Demikianlah info kesehatan tentang cara push up yang benar dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga info kesehatan diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
cara push up yang benar, cara push up yang baik dan benar, posisi push up yang baik dan benar, manfaat push up bagi kesehatan
Posting Komentar
Click to comment