10 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata yang Cukup Penting


Makanan Penting Untuk Menjaga Kesehatan Mata - Update artikel terbaru kali ini YoDiets.Com akan memberikan informasi tentang contoh makanan untuk menjaga kesehatan mata, makanan sehat untuk mata, makanan sehat untuk mata rabun/minus, sumber makanan vitamin A, contoh makanan yang mengandung vitamin A. Mata adalah indra penglihatan yang sangat penting untuk kita. Karena itulah kita harus bisa menjaga kesehatan mata dengan baik. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menjaga penglihatan saat menatap layar monitor terutama komputer ataupun televisi. Janganlah terlalu dekat menonton layar tv atau komputer Anda. Hal ini sering terjadi pada anak-anak yang keseringan bermain game online sehingga menatap layar komputer berjam-jam. Hal itu tentunya bisa mengganggu kesehatan mata yang pada akhirnya bisa membuat mata Anda memakai kaca mata.

makanan untuk kesehatan mata
Wortel Untuk Kesehatan Mata

Selain dengan menjaga penglihatan Anda, Anda juga bisa menjaga kesehatan mata Anda dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata, terutama vitamin A. Nah Berikut ini beberapa jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata Anda.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata


1. Alpukat
Lutein merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata. Lutein ditemukan terkonsentrasi di makula, daerah kecil retina yang bertugas untuk penglihatan sentral. Lutein membantu menjaga mata aman dari stres oksidatif dan energi tinggi foton cahaya biru. Berbagai penelitian telah menunjukkan ada hubungan langsung antara asupan lutein dan pigmentasi di mata. Nah, avokad mengandung jumlah tertinggi lutein, bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

2. Wortel
Wortel kaya akan beta-karoten, antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi dari otot-otot mata. Info lebih lengkap, silahkan baca artikel: Manfaat dan Kandungan Wortel.

3. Kacang-kacangan
Kenari dan almon sangat baik untuk mata. Kacang-kacangan kaya akan vitamin E, yang dapat mencegah katarak.

4. Ikan
Mereka yang suka ikan memiliki penglihatan yang sehat. Minyak ikan mengandung lemak esensial atau asam lemak omega-3 yang membuat otot-otot mata selalu dalam kondisi yang baik.

5. Cokelat hitam
Cokelat hitam kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea. Namun, hindari konsumsi produk cokelat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.

6. Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Semua nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan mata.

7. Bawang merah
Bawang merah mengandung belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata.

8. Bit merah
Seperti wortel, bit merah juga kaya karoten yang mencegah katarak. Bit juga kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

9. Anggur
Anggur kaya flavanoid yang membuat kornea tetap sehat. Mengonsumsi anggur dalam jumlah moderat dapat menyehatkan jantung serta penglihatan Anda.

10. Telur
Telur, terutama kuning telur, mengandung dua nutrisi penting untuk mata, yaitu belerang dan sistein. Keduanya mampu membuat lensa mata tetap jernih.

Demikianlah beberapa makanan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Jika saat ini kesehatan mata Anda sedang terganggu maka Anda bisa mengkonsumsi salah satu makanan diatas agar kesehatan mata Anda tetap terjaga. 

Tags:

contoh makanan untuk menjaga kesehatan mata, makanan sehat untuk mata, makanan sehat untuk mata rabun/minus, sumber makanan vitamin A, contoh makanan yang mengandung vitamin A
Posting Komentar
Click to comment