Minum Teh Tubruk Tanpa Gula Ternyata Lebih Berkhasiat


Minum Teh Tubruk Tanpa Gula Ternyata Lebih Berkhasiat
Manfaat Minum Teh Tanpa Gula | Teh tubruk | Ketika sarapan pagi, makan siang atau saat makan malam, makan tanpa minum teh atau jus yang manis mungkin terlihat janggal bagi sebagian orang.

Apalagi bila makannya di sebuah restoran, mungkin orang akan menganggap kita ini terlalu “ngirit” kalau hanya ditemani dengan minuman air putih atau teh tawar saja.

Entah kenapa, kebiasaan minum manis saat makan menjadi kian berkembang sekarang ini. Apakah mungkin karena pengaruh iklan di televisi yang sangat gencar dalam mempromosikan produk minuman kemasannya? Sehingga makan seakan tidak lengkap bila tidak ditemani dengan minum sesuatu yang manis.

Jadi ingat ketika dulu, orang-orang tua lebih sering menyajikan minuman seperti teh atau kopi yang diminum tanpa gula dan disajikan dalam keadaan panas.

Hingga sekarang, orangtua di kampung mungkin masih banyak yang membiasakan hal ini. Tidak heran kalau orang-orang tua kita dulu usianya bisa lebih panjang.

Suatu penelitian juga pernah ada yang membuktikan bahwa manfaat positif dari antioksidan yang terkandung dalam teh yaitu polyphenols akan jauh berkurang apabila teh dicampur dengan sesuatu, termasuk gula. Meminum teh juga sebaiknya dalam kondisi yang masih segar.

Manfaat Teh Tubruk


Setiap orang tahu minuman teh. Namun, belum tentu tahu bagaimana sejarah dan asal-usul minuman teh.

Teh merupakan jenis minuman berkafeina yang dihasilkan dari daun, pucuk atau tangkai daun tanaman camellia sinensis atau yang juga dikenal dengan camellia thea.

Minuman ini dapat disajikan dengan cara direndam atau dicampur dalam air panas maupun sejuk. Daun teh agar dapat diseduh dan siap minum harus melalui proses yang melibatkan pengoksidaan, pemanasan, dan pengeringan.

Kini jenis minuman teh sudah mengalami peningkatan kualitas dengan pemberian rasa yang bervariasi. Variasi rasa tersebut dihasilkan dari percampuran berbagai jenis herba, rempah, bunga, dan perasa buah.

Jenis-jenis Minuman Teh


Ada 4 jenis teh yang dapat dihasilkan dari tanaman Camellia Sinensis, antara lain teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Baca juga: Turunkan Tensi Darah dengan Mengkonsumsi Teh Hitam

Istilah ‘teh’ digunakan pula untuk minuman lain yang dibuat dari rempah-rempah, buah, atau tanaman obat lain yang penyajiannya dengan cara diseduh, contohnya teh rosehip, camomie, Jiaogulan, dan krisan. Jenis teh yang tidak mengandung daun teh asli disebut juga dengan teh herbal.

Bila diminum, teh akan terasa sedikit pahit. Inilah yang memberi kenikmatan tersendiri dari minum teh. Dalam teh terkandung zat alami kafeina, teofilin, dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat, dan protein yang rendah bahkan mendekati nol persen.

Teh melati merupakan jenis minuman teh yang paling populer di Indonesia, teh ini merupakan campuran daun teh dengan kuncup bunga melati sehingga aromanya lebih wangi dan nikmat.

Sejarah Minum Teh


Minum teh telah dilakukan Bangsa Cina sejak 5000 tahun lalu untuk kenikmatan dan kesehatan. Asal mula minuman teh juga masih menjadi legenda di Cina. Banyak cerita tentang asal-usul teh, namun salah satu yang terkenal adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung.

Manfaat Minum Teh Tubruk Tanpa Gula


Teh tubruk merupakan suatu istilah yang populer di Indonesia, adalah minuman teh yang disajikan dengan mencampurkan daun teh langsung ke dalam air panas.

Teh tubruk tanpa gula atau teh tawar memiliki rasa yang tidak manis dan agak pahit. Seiring meningkatnya angka penderita diabetes, penyajian teh dengan gula mulai banyak dikurangi oleh masyarakat Indonesia.

Penambahan gula pasir ke dalam teh kemudian mulai diganti dengan gula rendah kalori, namun harganya memang lebih mahal dibandingkan gula pasir.

Namun, sebenarnya kita masih dapat menikmati minuman teh tanpa harus diberi pemanis. Bahkan, ternyata minum teh tanpa gula memberi manfaat yang lebih besar untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut kami berikan ulasannya!

Manfaat Minum Teh Tawar Bagi Kesehatan

1. Mencegah Kadar Gula Darah Berlebih


Seperti kita ketahui, kadar gula darah berlebih dapat menyebabkan munculnya beragam penyakit, seperti diabetes, gangguan jantung dan sebagainya. Dalam minuman teh tanpa gula terkandung zat mangan (Mn) yang sangat efektik dalam menguraikan gula dan mengubahnya menjadi energi.

Oleh karena itu, minum teh tanpa gula juga dapat membantu tubuh Anda dalam mengendalikan kadar gula darah supaya tetap dalam posisi normal.

2. Membantu Penurunan Berat Badan


Manfaat teh tubruk pahit lainnya adalah dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan yang tengah Anda jalani. Telah dibuktikan oleh banyak orang bahwa minum teh tawar 3-4 cangkir dalam sehari sangat efektif dalam menurunkan berat badan secara signifikan.

Kandungan kalori yang rendah bahkan mendekati nol persen dalam teh tubruk tawar dapat mencegah penumpukan kalori dalam tubuh. Cara ini merupakan solusi yang efektif dan hemat untuk menurunkan berat badan Anda dengan cepat.

Jenis teh yang sering digunakan dalam program diet adalah teh hijau. Selain bebas kalori, teh hijau juga dapat menunda lapar lebih lama dibandingkan jenis teh biasa.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Konsumsi teh tawar secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sebabnya, kandungan polifenol katekin dalam teh dapat merangsang dan mendorong pengeluaran energi dalam tubuh.

Efek hangat yang diberikan dalam zat tersebut juga akan mengoksidasi lemak dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga terjadi metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

4. Menjaga Kesehatan Gigi


Mungkin Anda sering melihat iklan pasta gigi di televisi, dalam iklan tersebut zat bernama flouride kerap disebut sebagai zat yang dapat menyehatkan gigi.

Zat flouride ini ternyata juga terkandung dalam minuman teh tubruk tanpa gula sehingga mengkonsumsinya setiap hari dapat menjaga gigi Anda agar tetap sehat.

Apalagi, dalam teh juga terkandung zat flavanoid yang memiliki fungsi meningkatkan asam email gigi dan antibakteri sehingga minum teh juga sangat efektif dalam mencegah bau mulut.

Baca juga: 10 Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Mudah

5. Mengurangi Stress


Produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab stress dapat dikurangi dengan Anda mengkonsumsi teh secara teratur.

Konsumsi rutin yang dianjurkan sebanyak 3 cangkir teh setiap hari dan efeknya baru akan terasa setelah 6 pekan Anda mengkonsumsi teh secara teratur.

Dosis teh seperti ini dapat mengurangi hormon kortisol sebanyak 20 persen sehingga dapat mencegah stres yang timbul akibat hormon kortisol.

Baca juga: Tahukah Anda? Minum Air Jeruk Nipis Memberikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

6. Mencegah kanker dan Mengobati Tumor


Manfaat minum teh tubruk lainnya yang bisa Anda peroleh adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit tumor hingga kanker. Teh memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang sangat bermanfaat mencegah pertumbuhan sel yang abnormal bila dikonsumsi secara rutin.

7. Menjaga Kesehatan Tulang


Khasiat teh tanpa gula lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang karena dalam teh terkandung asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Asam amino yang terkandung dalam teh tubruk dapat membantu pembentukan protein yang nantinya akan menyokong pembentukan serta pemeliharaan kesehatan tulang.

Tak hanya itu, minum teh tubruk juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan otot-otot tubuh. Manfaat-manfaat tersebut juga semakin disokong dengan adanya kandungan vitamin D dalam minuman teh yang cukup tinggi.

8. Membuat Wajah Tampak Lebih Cerah


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minuman teh juga dapat me-detoksifikasi tubuh dan membuang racun-racun yang melekat pada jaringan kulit wajah. Selain itu, minum teh tubruk pahit juga dapat menghilangkan bintik-bintik cokelat yang sering muncul pada kulit wajah.

Hal ini dikarenakan dalam teh juga terkandung vitamin C yang berfungsi menangkal radikal bebas, serta kandungan magnesium dan seng-nya dapat menghilangkan bintik-bintik cokelat pada kulit wajah Anda.

Baca juga: Rahasia Cantik Dengan Minyak Kelapa

Nah, itulah beragam manfaat teh tubruk tanpa gula yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsinya setiap hari secara rutin. Jadi, sudahkan Anda minum teh hari ini?

Namun, bila kita masih belum terbiasa menikmati teh panas yang tidak diberi tambahan gula, maka perasan jeruk nipis bisa kita tambahkan ke dalamnya untuk menambah cita rasa dari teh yang kita minum tersebut. | Teh tubruk

Posting Komentar
Click to comment