Ini Dia Manfaat Biji Buah Genitri yang Membuat Harganya Mahal

Share:

Manfaat buah Genitri telah ditemukan di Indonesia sejak 150 tahun lalu. Genitri juga terkenal dengan sebutan Rudhraksa, yang artinya ‘Mata Dewa”. Di Indonesia sendiri, buah Genitri sering dijuluki sebagai ‘Mata Siwa’.

Ini Dia Manfaat Biji Buah Genitri yang Membuat Harganya Mahal
Buah ini adalah salah satu tanaman herbal yang unik dan istimewa. Manfaat buah Genitri tidak hanya bisa diperoleh dari daging buahnya saja, tapi juga biji buah ini memiliki khasiat yang luar biasa.

Asal-Usul Buah Genitri


Asal usul buah Genitri di Indonesia dimulai saat sekitar 150 tahun lalu, konon ada seorang saudagar dari India yang membawa buah Genitri dan memberikannya pada seorang santri.

Baca juga: Apa Sih Manfaatnya Minum Yakult?

Kemudian biji buah Genitri tersebut ditanam dan dapat tumbuh dengan baik. Bahkan buah Genitri asal Indonesia diakui memiliki kualitas paling bagus di dunia.

Kini, Indonesia telah menjadi penghasil dan pemasok buah Genitri terbesar di dunia. Meski buah Genitri ini asalnya dari India, namun negara tersebut tidak dapat memproduksi buah Genitri lebih besar dari Indonesia.

Seperti apa Bentuk Buah Genitri?


Buah Genitri dihasilkan dari pohon Genitri yang memiliki ketinggian mencapai 25 sampai 30 meter. Terdapat mukis atau mukhi yang berbeda-beda pada setiap buah Genitri. Mukis adalah belahan atau lekukan-lekukan yang ada di setiap biji Genitri.

Konon, semakin banyak mukis yang terdapat pada buah Genitri, semakin besar pula khasiatnya, dan harganya pun semakin mahal.

Biji buah Genitri dijual dalam kelas-kelasan. Kelas-kelas tersebut merupakan didasarkan pada ukuran bijinya yang terbagi menjadi 11 ukuran.

Ukuran biji Genitri paling kecil berdiameter 5 milimeter dan buah ukuran yang terkecil ini biasanya memiliki harga paling mahal.

Biji Buah Genitri ukuran kelas 1 sampai 9 dijual per satuan atau biji dengan harga tergantung ukuran kelas tersebut, makin kecil kelasnya makin mahal pula harganya. Sementara untuk ukuran 10 dan 11 dijual per kilo.

Berapa Harga Biji Genitri?


Ini Dia Manfaat Biji Buah Genitri yang Membuat Harganya Mahal
Buah Genitri memiliki harga yang tergolong mahal, per biji ada yang mencapai harga hingga Rp 10 juta lebih. Meski demikian, bagi orang yang sudah tahu dan pernah merasakan khasiat Buah Genitri, tetap akan mencari dan membelinya kembali.

Kandungan dan Khasiat Biji Genitri


Mengapa harga biji Genitri tergolong mahal? Mahalnya harga buah Genitri dikarenakan kandungan dan khasiatnya yang luar biasa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh DR. Suhas Roy, dari Banaras Hindu University India, buah Genitri memiliki daya gravitasi 1,2 dan PH 4,48. Selain itu juga mempunyai daya elektromagnetik yang cukup kuat, yaitu sekitar 10 ribu Gauss dalam keseimbangan faraday.

Itulah mengapa manfaat buah Genitri sudah dapat Anda rasakan dengan hanya menempelkannya pada kulit. Sentuhan Buah Genitri pada kulit dapat direspon oleh tubuh dengan baik.

Di India, banyak orang yang mengalungkan biji buah Genitri pada leher sehingga dapat mengirimkan sinyal positif untuk jantung dan organ-organ lainnya pada tubuh. Cara ini dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan bagi jantung dan organ-organ tubuh lainnya.

Manfaat biji buah Genitri sangat banyak karena terdapat kandungan senyawa-senyawa hidup di dalamnya. Sejumlah penyakit yang dipercaya dapat sembuh dengan biji buah Genitri, antara lain:

1. Mengatasi Hipertensi


Menurut Sahih Singh RK, peneliti dari Departemen Farmakologi Banaras Hindu University India, buah Genitri dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya adalah dengan merendam biji Genitri pada air dalam gelas, dan diminum di pagi hari saat perut masih kosong, belum mengkonsumsi apapun.

2. Mencegah Kerusakaan pada Organ Paru-paru


Biji Genitri dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan paru-paru. Caranya cukup dengan mengalungkan biji Genitri kering pada leher hingga ke dada.

3. Mengurangi Lemak dalam Tubuh


Kandungan Alkaloid pada biji Genitri dapat membantu pengurangan lemak pada tubuh. Caranya ialah dengan merebus Genitri kering pada segelas air, dan bila sudah mendidih hingga tersisa separuh dari air rebusan awal, lalu dinginkan. Minum air hasil saringannya sampai habis secara rutin.

4. Meningkatkan Kinerja Otak


Biji buah Genitri yang dikalungkan pada leher dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk melancarkan peredaran darah menuju otak sehingga fungsi kerja otak akan lebih meningkat dan optimal.

5. Menyerap Polutan dalam Tubuh


Penelitian yang dilakukan oleh Dwiarum Setyoningtyas, dari Institut Teknologi Bandung, mengungkapkan bahwa Genitri dapat menjadi penyerap polutan yang baik dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga.

6. Meredakan Stres


Manfaat buah Genitri lainnya adalah dapat berfungsi sebagai pereda stres. Kandungan bioelektrokimia dalam biji buah Genitri mampu menyebarkan rangsangan positif pada otak sehingga otak menjadi lebih rileks, dan terhindari dari depresi.

Baca juga: Makanan-Minuman yang Baik Dikonsumsi Ketika Stres Melanda

Banyak Orang Telah Merasakan Manfaat Buah Genitri


Selain manfaat yang telah diuraikan di atas, manfaat buah Genitri juga dapat menyembuhkan penyakit epilepsi, radang sendi, asma, hingga penyakit yang menyerang pada liver.

Dikatakan oleh Ir. Komari, peneliti dari ITB bahwa biji Genitri memiliki tekstur yang keras dan sangat tahan lama, bahkan dapat digunakan hingga puluhan tahun.

Berbagai macam manfaat buah Genitri dan segala keunikannya tersebut membuat banyak orang membudidayakannya saat ini.

Biji Genitri juga telah banyak dibuat ke dalam bentuk aksesoris yang cantik seperti gelang, kalung, gantungan kunci, cincin, tasbih, dan lain-lain.

Itulah berbagai macam manfaat buah Genitri untuk kesehatan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?


Tidak ada komentar