Cara Diet Praktis untuk Menurunkan Berat Badan secara Drastis

Share:

Pada dasarnya, diet merupakan suatu cara pengaturan pola makan dan minum yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Seseorang yang melakukan diet ketat umumnya ingin menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat.

Cara Diet Praktis untuk Menurunkan Berat Badan secara Drastis
Rata-rata orang yang melakukan diet ketat, ingin menurunkan berat badan hingga 10 atau 20 kilogram hanya dalam jangka waktu paling lama 2 minggu saja.

Diet ketat dapat menyebabkan kesehatan menjadi terganggu apabila dilakukan dengan cara yang tidak tepat. Berikut ini kami bagikan cara diet praktis yang dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Baca juga: Menu Diet Ketat untuk Membentuk Tubuh Ideal dalam 7 Hari

1. Cara Diet dengan Air Putih


Metode diet dengan air putih sangat mudah dilakukan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memperhatikan banyaknya air putih yang diminum setiap hari. Anda dapat melakukan diet praktis dengan air putih ini dengan minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Tubuh yang selalu terhidrasi dapat melakukan metabolisme lebih lancar sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

Kebiasaan sehat minum air putih minimal 8 gelas sehari juga dapat mengurangi konsumsi minuman beraroma yang memiliki kadar gula tinggi.

Selain itu, kinerja ginjal juga menjadi lebih ringan dalam menyaring racun sehingga kesehatan ginjal menjadi lebih terjaga.

Air putih juga dapat memberi sensasi kenyang pada perut dan menetralisir asam lambung. Metode diet air putih bila diterapkan selama beberapa hari ke depan akan memberi efek yang cukup signifikan terhadap penurunan berat badan.

2. Berpuasa Secara Rutin


Berpuasa sangat baik untuk melatih kita mengendalikan hawa nafsu. Selain itu, berpuasa juga menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Dengan berpuasa, pasokan makanan ke dalam tubuh akan berkurang drastis sehingga tubuh akan mengolah lemak sebagai sumber energi. Namun perlu diperhatikan pula keseimbangan gizi yang diasup saat sahur atau ketika tiba waktu berbuka puasa.

Ingat pula untuk jangan berlebihan dan terlalu kenyang saat berbuka puasa, pasalnya aktivitas tubuh akan jauh berkurang menjelang malam. Berbuka puasa yang berlebih-lebihan hanya akan menumpuk kalori lebih banyak ke dalam tubuh saat malam hari.

Itulah mengapa ada sebagian orang yang berat badannya tidak berkurang padahal sudah melakukan puasa.

3. Mengganti Nasi dengan Sumber Karbohidrat Lain


Perlu Anda ketahui, nasi putih yang kita konsumsi sehari-hari mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga dapat mempengaruhi bertambahnya berat badan seseorang.

Cara diet tanpa makan nasi sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara drastis. Cara diet ini tergolong praktis, Anda cukup mengganti nasi putih dengan asupan karbohidrat sehat yang rendah kalori, misalnya dengan buah-buahan, nasi dari beras merah, kentang, atau buah pisang.

4. Meningkatkan Intesitas Berolahraga


Cara Diet Praktis untuk Menurunkan Berat Badan secara Drastis
Cara diet praktis yang dapat menurunkan berat badan secara drastis berikutnya adalah dengan melakukan olahraga dalam intensitas yang tinggi. Jogging merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Lakukan beberapa kali jogging dengan durasi yang cukup panjang selama seminggu, atau bisa juga dengan berlari. Cara ini dapat membakar segala jenis lemak yang tertimbun di dalam tubuh dengan cepat.

5. Cara Diet Vegetarian


Cara diet vegetarian menekankan pada Anda untuk tidak memakan daging, artinya Anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi buah dan sayuran selama beberapa minggu.

Baca juga: Cara Diet GM dan Daftar Menu Makanan yang Harus Dikonsumsi

Dengan melakukan diet vegetarian, asupan lemak dalam tubuh akan sangat dibatasi sehingga efektif untuk menurunkan berat badan secara drastis.

6. Pembatasan Porsi Makan


Sebagian besar cara diet mengharuskan kamu mengurangi variasi makanan. Namun, bagi Anda yang tidak ingin melakukannya dapat mengganti dengan pembatasan porsi makan.

Anda bisa mulai dengan memangkas porsi makan menjadi setengah dari porsi sebelumnya. Selain itu, perbanyak pula minum air putih untuk menjaga Anda tetap terhidrasi dan merasa kenyang lebih lama.

Jangan lupa untuk membarenginya dengan olahraga agar tubuh tetap bugar dan hasil penurunan berat badan dapat tercapai dengan maksimal.

7. Hindari Makan Gorengan


Cara diet praktis berikutnya adalah dengan menghindari makan gorengan. Makanan yang digoreng mengandung lemak dalam jumlah banyak. Itulah sebabnya sebagian besar metode diet akan melarang kamu mengasup makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Anda tetap boleh makan daging, namun tentu saja daging yang memiliki kadar lemak rendah dan dimasak dengan cara direbus.

Dengan melakukan cara diet praktis ini, sisa-sisa lemak dalam tubuh Anda dapat terkuras dengan cepat sehingga penurunan berat badan yang diinginkan akan cepat tercapai.

8. Menghilangkan Jadwal Makan Malam


Tingginya rutinitas sehari-hari dapat membuat seseorang makan malam lebih larut. Berat badan akan cepat bertambah bila Anda sering makan malam dengan jangka waktu yang dekat dengan waktu tidur.

Dengan menghilangkan jadwal makan malam, Anda telah memangkas sepertiga porsi makanan dalam waktu sehari.

Bila lapar melanda di waktu malam, siasati dengan minum air putih atau sebelumnya Anda dapat makan buah-buahan saat sore hari untuk menjaga perut tetap kenyang menjelang malam.

Penurunan berat badan yang signifikan bisa Anda rasakan apabila menerapkan cara ini selama beberapa minggu.

9. Cara Diet Sup Kubis


Metode diet praktis yang satu ini mengharuskan Anda hanya memakan sup kubis selama satu minggu berturut-turut. Sup kubis ini boleh dikombinasikan dengan aneka jenis sayuran lain seperti wortel ataupun bayam.

Cara diet Sup Kubis ini telah terbukti cukup ampuh dalam menurunkan berat badan secara drastis. Anda dapat menambah asupan vitamin dan air putih untuk menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah merasa lapar maupun lemas.

Baca juga: Tips Diet Ketat yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Mengkombinasikan Cara Diet Praktis


Dari cara diet praktis untuk menurunkan berat badan secara drastis yang telah kami uraikan di atas dapat Anda kombinasikan dan terapkan selama beberapa hari. Bahkan, dengan kombinasi dari beberapa cara diet di atas akan membuat penurunan berat badan Anda menjadi lebih maksimal.

Kunci dari program diet adalah komitmen dan konsisten terhadap menu makanan yang dianjurkan agar dapat memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar