Cara Diet GM dan Daftar Menu Makanan yang Harus Dikonsumsi





Diet General Motors atau yang juga dikenal dengan sebutan Diet GM merupakan cara diet yang mengharuskan pelakunya membatasi menu dan porsi makan selama satu minggu untuk menurunkan berat badannya hingga 7 kg.

Terdengar cukup menggiurkan bukan?

Cara Diet GM dan Daftar Menu Makanan yang Harus Dikonsumsi
Bayangkan saja, hanya dalam waktu satu minggu berat badan Anda bisa turun hingga 7 kg.

Namun, tentu saja Anda harus melakukannya dengan benar bila ingin mencapai hasil tersebut.

Baca juga: 6 Macam Diet yang Disarankan oleh Ahli Kesehatan

Nah, berikut ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai panduan tepat dalam menjalankan Diet GM beserta menu makanan yang harus dikonsumsi dalam diet ini.


Apa Itu Diet GM?

Cara Diet GM dan Daftar Menu Makanan yang Harus Dikonsumsi
Diet GM adalah suatu program diet 7 yang dicetuskan oleh perusahaan asal Amerika, General Motors.

Pada awalnya, program diet GM hanya dibentuk khusus untuk menurunkan berat badan jajaran manajemen beserta karyawan yang bekerja di General Motors.

Namun program diet ini selanjutnya mulai beredar di masyarakat setelah mendapatkan persetujuan dari John Hopkins Research Center.

Prinsip dasar dalam cara kerja program Diet GM ini adalah dengan memperbaiki pola makan dan detoksifikasi (membuang racun) dalam tubuh dengan bantuan dari asupan makanan-makanan sehat seperti buah maupun sayur.

Cara Diet GM memang dirancang untuk menurunkan berat badan hanya dalam jangka waktu 7 hari atau satu minggu.

Diet GM diklaim dapat menurunkan berat badan pelakunya antara 5 sampai 8 kilogram hanya dalam waktu satu minggu.


Sejumlah Manfaat dari Menjalankan Diet GM

Program Diet GM cukup menarik untuk dijalankan. Selain dapat menurunkan berat badan hanya dalam waktu 7 hari, diet ini juga kabarnya mampu menyembuhkan penyakit diabetes mellitus, penyakit jantung, penyakit lambung, hingga menurunkan kolesterol.

Dalam diet GM, Anda diharuskan selama 7 hari berturut-turut untuk mengkonsumsi asupan makanan dan minuman yang minim kalori, tetapi kaya asupan gizi. Menu makanan dalam Diet GM banyak melibatkan variasi buah dan sayuran.

Seperti pada hari pertama, makanan yang dibolehkan hanya buah-buahan, dan di hari kedua Anda hanya dibolehkan makan sayuran, dan seterusnya.

Sejumlah manfaat yang dijanjikan dari program Diet GM ini antara lain:

- Anda dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg hanya dalam waktu satu minggu.
- Detoksifikasi racun dan membersihkan kotoran dalam tubuh.
- Memperbaiki kinerja sistem pencernaan.
- Meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lebih banyak lemak.


Panduan Melakukan Program Diet GM

Cara Diet GM dan Daftar Menu Makanan yang Harus Dikonsumsi
Saat menjalankan program Diet GM, Anda dianjurkan untuk menambah asupan makanan yang mengandung banyak air.

Pasalnya, makanan yang mengandung banyak air seperti buah dan sayuran diyakini dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga tubuh mampu membakar lemak lebih cepat, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam membersihkan racun-racun di dalamnya.

Tertarik untuk menjalankan program diet GM? Berikut ini kami berikan panduannya lengka dari hari pertama sampai hari ketujuh.


- Menu Diet GM pada Hari Pertama

Pada hari pertama Anda menjalankan program Diet GM, menu makanan yang harus dikonsumsi adalah semua jenis buah-buahan kecuali pisang.

Buah yang disarankan adalah yang mengandung banyak air seperti semangka, dan melon. Anda tetap boleh makan hingga kenyang di hari pertama ini.

- Menu Diet GM Hari Kedua

Pada hari kedua program Diet GM, menu makanan yang harus dikonsumsi adalah sayur-sayuran. Semua jenis sayuran boleh dikonsumsi, tidak ada batasan jenis sayur dalam menu makanan Anda. Sayuran boleh dimakan secara mentah ataupun dimasak terlebih dahulu.

- Menu Diet GM Hari Ketiga

Menu makanan dalam program Diet GM di hari ketiga adalah kombinasi antara buah dan sayuran. Namun, buah pisang tetap tidak dianjurkan dalam menu makanan tersebut.

- Menu Diet GM Hari Keempat

Menu makanan di hari keempat adalah pisang dan susu. Jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 8 buah pisang dan 3 gelas susu. Anda juga bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai bila tidak menyukainya.

- Menu Diet GM Hari Kelima

Di hari kelima ini menu makanan yang harus dikonsumsi bagi pelaku Diet GM adalah 500 gram daging, dan 6 buah tomat.

Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi daging sapi atau ayam. Namun, bila Anda adalah vegetarian, daging bisa diganti dengan tempe.

- Menu Diet GM Hari Keenam dan Ketujuh

Menu Diet GM di hari keenam merupakan kombinasi antara sayur dan daging atau ikan. Sedangkan pada hari ke tujuh, menu makanan yang harus dikonsumsi antara lain beras merah, jus buah, dan sayuran.

Selama menjalani Diet GM dari hari pertama hingga ketujuh, Anda dianjurkan untuk minum banyak air putih hingga 12-15 gelas setiap hari. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.


Kelemahan dalam Program Diet GM

Meskipun diet GM memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, namun diet ini masih memiliki sejumlah kelemahan.

Dalam program Diet GM Anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat berupa buah, dan sayur, sekaligus menghindari konsumsi makanan manis.

Bila dilakukan terus-menerus, diet GM berpotensi membuat tubuh kekurangan beberapa nutrisi penting yang tidak terkandung dalam buah dan sayuran.

Misalnya saja protein, hewani tetap menjadi nutrisi penting bagi tubuh. Kita tidak bisa begitu saja melupakan pentingnya peran protein hewani bagi tubuh.

Protein memiliki peran penting dalam memperbaiki, dan meregenerasi sel serta jaringan tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat dalam mengatur hormon, sistem imun tubuh, suplai energi dan membentuk otot.

Penerapan diet GM yang terlalu sering dapat membuat tubuh kekurangan protein.

Penurunan berat badan tidak akan bertahan lama karena jenis makanan yang dibatasi setiap harinya malah akan membuat Anda cepat pusing, dan ingin makan lebih banyak di hari selanjutnya.

Tubuh yang kekurangan nutrisi juga berdampak pada sejumlah masalah kesehatan, seperti kulit menjadi kering, mudah lelah, otot menjadi lemah, kerontokan rambut yang parah, dan anemia.

Baca juga: Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Mediteranian

Sedikitnya kalori yang masuk ke dalam tubuh, apalagi bila tidak diimbangi dengan olahraga teratur dapat mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi terhambat.

Oleh karena itu, cara diet GM ini hanya dianjurkan penerapannya setiap sebulan sekali agar Anda tidak mengalami kekurangan gizi.

Selama program diet berlangsung, Anda juga harus banyak minum air putih, dan menghindari minuman beralkohol.

Sumber/gambar:
falony.com
dietsehat.co.id



0 Response to "Cara Diet GM dan Daftar Menu Makanan yang Harus Dikonsumsi"