Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Ternyata Baik Untuk Kesehatan





Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Ternyata Baik Untuk Kesehatan
Hasil studi terbaru nampak cukup mengejutkan, ternyata mengkonsumsi cabai atau sumber makanan pedas lainnya dapat menurunkan risiko kematian dini.

Penelitian ini telah dilakukan bertahun-tahun berdasarkan analisa makanan yang ditemukan bahwa orang dewasa yang melaporkan sering mengkonsumsi makanan pedas seperti cabai segar maupun cabai kering, mempunyai risiko lebih rendah terhadap kematian dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi makanan pedas.

Baca juga: Ternyata Minyak Kelapa Lebih Sehat Ketimbang Minyak Kedelai

Jadi, menurut Dr. Lu Qi, Profesor kedokteran di Harvard Medical School, Anda yang makan lebih banyak makanan pedas memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik sehingga menurunkan risiko kematian dini. Terutama menurunkan risiko terhadap penyakit kanker dan penyakit jantung.

Kendati demikian, penulis studi tersebut juga mengingatkan bahwa penelitian ini belumlah dapat disimpulkan bahwa ada garis langsung hubungan sebab-akibat antara konsumsi makanan pedas dengan menurunnya risiko kematian.

Memang ada hubungan dengan faktor-faktor tersebut, tapi tetap tak dapat disimpulkan dengan hubungan sebab-akibat.

Penelitian ini dilakukan dalam rentan waktu 2004 sampai 2008, melibatkan sekitar 199.000 pria dan 288.000 wanita yang dilakukan survei terkait makanan dan sejarah kesehatan mereka.

Studi yang dilakukan pada 10 wilayah berbeda di China tersebut melibatkan para partisipan dengan usia antara 30 sampai 79 tahun dengan menyingkirkan mereka yang mempunyai riwayat kanker, penyakit jantung atau stroke. Hasilnya, lebih dari 20.000 peserta meninggal dunia dalam waktu 7 tahun.

Banyaknya rempah-rempah yang dicampurkan ke dalam makanan setiap orang memang tidak dihitung dengan persis oleh tim peneliti.

Namun, para peneliti menemukan bahwa konsumsi makanan pedas setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu mempunyai hubungan terhadap penurunan 10% seluruh risiko kematian selama penelitian.

Temuan ini dibandingkan mereka yang mengkonsumsi makanan pedas kurang dari sekali dalam seminggu.

Bahkan, berdasarkan laporan peneliti tersebut, konsumsi makan pedas yang dilakukan antara 3 sampai 7 kali dalam seminggu menunjukkan penurunan risiko kematian sebesar 14%.


Makanan Pedas Dapat Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

Sumber makanan pedas yang paling sering dipilih ialah cabai segar, secara spesifik memiliki kaitan dengan penurunan risiko terhadap kematian yang disebabkan oleh kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Temuan ini tidak bergantung pada jenis kelamin tertentu, dan bahkan berlaku pada semua usia, pendidikan, pola menetap, dan status pernikahan.

Akan tetapi, bagi mereka yang mengkonsumsi alkohol tidak akan memiliki pengaruh terhadap efek perlindungan dari rempah-rempah pedas tersebut.

Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya terhadap hewan, kandungan komponen dalam rempah-rempah bisa meningkatkan kadar kolesterol, mengendalikan peradangan, menjaga bakteri sehat dalam usus, dan bisa mengurangi stres.

Sementara itu, ahli gizi dan profesor nutrisi klinis di University of Texas, Lona Sandon mengatakan, bahwa manfaat kesehatan dari cabai dan sumber makanan pedas lainnya memang tidak diragukan lagi.

Memang telah banyak diketahui bahwa rempah-rempah mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung dan juga kanker.

Dalam praktik pengobatan tradisional pun rempah rempah memang sudah dipakai selama bertahun-tahun untuk mengobati atau menyembuhkan beragam penyakit.

Sandon juga menambahkan bahwa rempah-rempah memiliki kandungan capsaicin yang mampu membantu tubuh mengatasi peradangan.

Di samping itu, cabai juga dapat menjadi agen pelawan kanker karena merupakan bahan makanan yang kaya vitamin C.

Baca juga: Tanpa Disadari, Berbagai Makanan Berikut ini Ternyata Mengandung Kolesterol Tinggi

Meskipun belum ditemukan hubungan langsung antara makanan pedas dengan penurunan risiko kematian dalam penelitian tersebut, namun bila melihat kandungan serta manfaat yang terdapat pada sumber makanan pedas seperti cabai, maka memang tak diragukan lagi bahwa makanan pedas ternyata baik untuk kesehatan.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/08/07/121000023/Makanan.Pedas.Bikin.Panjang.Umur.



0 Response to "Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Ternyata Baik Untuk Kesehatan"