Pulihkan Performa Tubuh Secara Cepat Dengan Air Kelapa





Pulihkan Performa Tubuh Secara Cepat Dengan Air Kelapa
Telah sejak lama masyarakat kita mengenal air kelapa sebagai minuman pelepas dahaga yang menyegarkan.

Sekarang, begitu banyak minuman air kelapa dalam kemasan yang beredar dan diklaim memiliki kandungan gula alami serta elektrolit yang mampu lebih baik dibandingkan air biasa dalam menghidrasi tubuh. Air kelapa juga menjadi minuman favorit yang baik dikonsumsi selepas berolahraga.

Terkandung sekitar 45 kalori dalam satu cangkir kelapa alami.

Selain itu, juga mengandung 11 gram karbohidrat (9 gram gula alami), dan 500 mg potasium serta 70 mg sodium.

Baca juga: Rumput Laut Bisa Menjadi Obat Anti-Flu

Sedangkan jika dibandingkan minuman air dalam botolan, tentu saja air kelapa alami lebih banyak mengandung nutrisi, sebab air dalam kemasan tidak ada kandungan kalori, karbohidrat, sodium atau potasium di dalamnya.

Di sisi lain, beberapa minuman sport mempunyai kandungan nutrisi yang bervariasi tergantung merek.

Namun, biasanya sekitar 55 kalori terkandung di dalamnya, 14 gram karbohidrat (semuanya dalam bentuk gula tambahan), dan 30 gram potasium serta hanya 105 mg sodium.

Memang, baru sedikit saja penelitian yang pernah dilakukan untuk mengetahui khasiat minum air kelapa sehabis berolahraga.

Sebagian besar dari penelitan tersebut mengatakan bahwa tidak ada perbedaan atau bisa dibilang hanya sedikit saja perbedaan manfaat yang didapat antara air kelapa, air, atau minuman sport.

Walau demikian, studi yang baru-baru ini dilakukan mengungkapkan, bahwa air kelapa memiliki efek lebih baik yaitu lebih sedikit kemungkinan seseorang untuk mengalami mual atau sakit perut sesudah minum air kelapa selepas berolahraga.

Di samping itu, dalam jumlah besar air kelapa juga lebih mudah untuk kita mengkonsumsinya ketimbang air atau minuman sport.

Ada pula penelitian yang membandingkan antara minuman sport dan air kelapa yang ditambahkan sodium.

Mereka menemukan bahwa keduanya mempunyai khasiat sama baik bila dibandingkan air biasa dalam mengembalikan cairan tubuh.

Dari semua penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa bila dikonsumsi dalam jumlah yang pas, baik air kelapa, air biasa, maupun minuman sport mempunyai manfaat yang serupa.

Akan tetapi lain cerita bila Anda memang sedang dalam program penurunan berat badan, atau bagi Anda yang berolahraga selama kurang dari 60 menit dalam cuaca tidak terlalu panas, minum air biasa merupakan pilihan yang paling tepat.

Sedangkan, air kelapa akan lebih baik dalam menghidrasi tubuh untuk mereka yang melakukan olahraga berat selama lebih dari satu jam atau berolahraga pada cuaca cukup panas.

Meneguk air kelapa bisa membantu dalam memulihkan atau meningkatkan performa Anda dengan cepat selepas lelah berolahraga.

Untuk itu, cobalah Anda membawa air kelapa dari rumah ketika hendak melakukan aktivitas olahraga berat dalam kondisi cuaca panas, sehingga performa tubuh akan lebih cepat untuk dipulihkan.

Sebaiknya, minumlah air kelapa yang alami dengan kandungan gula lebih sedikit, hal ini akan lebih pas untuk bahan bakar otot Anda.

Baca juga: Minum Teh Tubruk Tanpa Gula Ternyata Lebih Berkhasiat

Sedangkan, sodium yang terkandung dalam air kelapa akan menjadi pengganti elektrolit yang baik bila dibandingkan dengan minuman sport.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/08/03/190000923/Air.Kelapa.Pilihan.Terbaik.Menghidrasi.Tubuh.Setelah.Olahraga.



0 Response to "Pulihkan Performa Tubuh Secara Cepat Dengan Air Kelapa"