Beberapa Cara Mudah Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Kanker Payudara





Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk menjaga pola makan dan rajin berolahraga agar kesehatan tubuh dapat terjaga dan mencegah kita dari serangan beragam penyakit.

Termasuk juga menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara yang seperti kita ketahui sangat berbahaya dan banyak menyerang wanita belakangan ini.

Di samping menjaga pola makan dan rajin berolahraga, ternyata beberapa cara ini juga dipercaya cukup efektif untuk mencegah Anda dari risiko kanker payudara.

Simak juga: 6 Cara Melatih Daya Ingat Agar Tak Cepat Pikun


1. Banyak Makan Sayuran

Terdapat antioksidan pada sayuran hijau yang mempunyai peran dalam menghentikan penyebaran sel kanker.

Oleh karena itu, penting sekali untuk kita mengkonsumsi banyak sayuran hijau agar risiko penyakit kanker payudara bisa diturunkan.


2. Sering Makan Ikan

Jenis ikan tertentu seperti salmon mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang sangat menyehatkan bagi tubuh.

Bila kita ingin mencegah penyakit kanker payudara, maka sering-seringlah makan ikan salmon, cod, dan tuna, karena jenis-jenis ikan tersebut mempunyai kandungan mineral yang baik untuk dapat mencegah kanker.

Di samping itu, omega-3 juga sering disebut-sebut sebagai yang sangat ampuh dalam menangkal beragam penyakit kronis lainnya.


3. Sering Mengasup Minyak Zaitun

Konsumsi minyak zaitun sangat dianjurkan untuk mencegah risiko kanker payudara. Sebab, pada dasarnya, minyak zaitun memiliki kandungan kaya akan lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh yang berperan penting dalam memerangi radikal bebas.


4. Lakukan Deteksi Estrogen di Rumah Sakit Secara Rutin

Timbulnya kanker dapat dipicu karena terlalu banyaknya jumlah hormon estrogen dalam tubuh. Jadi, untuk mencegah kanker payudara Anda bisa coba melakukan deteksi estrogen di rumah sakit dan minta saran pada dokter untuk menurunkan kadar hormon tersebut dalam tubuh Anda.


5. Hindari Penggunaan Make-Up yang Mengadung Paraben

Paraben sering ditemukan pada produk-produk make-up, dan senyawa ini bersifat menyerupai hormon dan bila masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan ketidakseimbangan sehingga dapat memicu kanker.


6. Kurangi Kontak Dengan Benda Yang Mengandung BPA

Di samping paraben, senyawa lain yang bisa memicu kanker adalah BPA karena termasuk dalam senyawa karsinogen.

Senyawa ini sering ditemui pada dalam benda-benda plastik seperti botol plastik, dot bayi, hingga peralatan makan berbahan dasar plastik.


7. Perbanyak Aktivitas Jalan Kaki

Disebutkan dalam sebuah penelitian bahwa risiko kanker payudara dapat diturunkan dengan memperbanyak aktivitas jalan kaki yang dilakukan secara rutin setiap hari.


8. Sering Memeriksa Area Payudara Untuk Pendeteksian Dini

Melakukan pemeriksaan terhadap area payudara bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengetahui gejala atau tanda-tanda yang umum terjadi ketika seseorang terkena penyakit kanker payudara.

Pendeteksian sejak dini akan memaksimalkan penanganan terhadap kanker sebelum sel-sel kanker menyebar semakin luas.


Demikian beberapa cara mudah dalam menurunkan risiko kanker payudara yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan mari kita membiasakan diri untuk melakukan pola hidup sehat.

Sumber:
http://www.merdeka.com/sehat/8-kebiasaan-sehari-hari-yang-bisa-mencegah-kanker-payudara.html



0 Response to "Beberapa Cara Mudah Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Kanker Payudara"