9 Penyebab Tubuh Sering Merasa Lapar





9 Penyebab Tubuh Sering Merasa Lapar
Seusai berolahraga, terutama yang tergolong berat, biasanya rasa lapar akan muncul pada diri kita.

Hal ini lumrah saja, sebab ketika berolahraga tentu banyak energi dalam tubuh yang telah terbakar.

Di samping itu, kebanyakan perempuan juga sering mengalami rasa lapar saat menjelang menstruasi.

Tetapi jika tanpa alasan yang jelas tiba-tiba Anda merasa lapar, ada kemungkinan kalau terjadi sesuatu dalam tubuh Anda, dan hal ini jangan sampai dibiarkan.

Menurut Maggie Moon, RD, seorang nutrisionis dari Los Angeles yang juga merupakan pemilik Everyday Healthy Eating, lapar merupakan kebutuhan fisiologis tubuh terhadap kalori, air, dan garam.

Baca juga: Kurang Olahraga Bukanlah Penyebab Utama Kegemukan

Ada banyak faktor yang dapat memicu kondisi lapar antara lain dikarenakan sedang diet, meningkatnya hormon nafsu makan, atau faktor emosional seperti stres dan marah.

Dan berikut ini kami akan berbagi tentang hal-hal apa saja yang dapat memicu kondisi lapar dalam diri Anda.


1. Kekurangan Cairan

Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi dalam taraf ringan cenderung “menipu” otak seperti merasakan lapar.

Padahal yang dibutuhkan oleh tubuh saat itu hanyalah cairan. Kebingunan seperti ini terjadi pada hipotalamus, bagian otak yang mengatur nafsu makan dan rasa haus.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi ringan, sambungan yang melewati ke hipotalamus membuat tubuh Anda secara spontan mengambil sekantung keriping, padahal yang dibutuhkan oleh tubuh sebenarnya hanyalah seteguk air.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus memastikan bahwa asupan cairan pada tubuh selalu tercukupi dengan baik.

Jika Anda merasa lapar dan teringat kalau hari itu Anda belum cukup minum, maka cobalah untuk mengambil segelas air.

Kemudian tunggu selama kurang lebih 15 menit untuk memastikan bahwa rasa lapar tersebut sudah hilang dari tubuh Anda.


2. Asupan Protein dan Lemak Yang Kurang Bagi Tubuh

Hakikatnya, lemak bukanlah musuh bagi tubuh kita, justru lemak adalah komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sumber lemak yang tepat, akan memberikan manfaat besar bagi tubuh.

Demikian halnya dengan protein. Lemak dan protein tidak hanya akan membuat Anda tetap kenyang dalam waktu lama, tapi juga mempunyai efek penekan nafsu makan.

Lemak tak jenuh juga memiliki kaitan erat dengan rasa puas. Ketika Anda puas dengan makanan, maka Anda akan dapat menunda rasa lapar hingga Anda benar-benar merasakan lapar yang sesungguhnya.

Pastikan setiap harinya Anda mengkonsumsi sebanyak 46 gram protein. Sementara bagi orang dewasa, asupan lemak yang disarankan adalah 20 sampai 35 persen dari total kebutuhan kalori harian Anda.


3. Konsumsi Karbohidrat Yang Berlebihan

Karbohidrat sederhana yang terdapat pada gula, makanan-makanan berbahan tepung, dan lain-lain, bisa dengan cepat menaikkan kadar glukosa dalam darah, untuk kemudian drop dengan cepat setelahnya.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin mencegah rasa lapar dengan efektif maka asupan yang berasal dari karbohidrat sederhana ini harus sebisa mungkin Anda hindari agar kestabilan kadar glukosa dalam darah Anda tetap terjaga.

Mungkin Anda dapat menggantinya dengan beberapa makan dengan karbohidrat kompleks yang memiliki kandungan serat yang lebih banyak.


4. Sering Melihat Iklan Tentang Makanan

Ternyata, sering melihat foto makanan di media sosial ataupun iklan makanan di televisi dapat mempengaruhi keinginan makan Anda lho.

Seperti yang ditemukan pada studi yang dilakukan di tahun 2012 di Jurnal Obesity, bahwa kadar hormon ghrelin yang mempengaruhi rasa lapar dalam tubuh kita akan terdongkrak hanya dengan Anda melihat makanan saja.

Mungkin ada baiknya Anda mulai kurangi melihat postingan-postingan tentang makanan di media sosial, dan juga ketika suatu acara televisi menampilkan iklan tentang makanan, maka segera pindahkan channelnya!


5. Mengkonsumsi Terlalu Banyak Alkohol

Kebiasaan konsumsi minuman beralkohol merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan. Di samping banyak dampak negatif yang ditimbulkan, konsumsi minuman beralkohol juga dapat memicu naiknya nafsu makan.

Bahkan, walaupun perut Anda sebenarnya sudah kenyang, tapi rasa lapar tersebut seolah terus muncul dalam diri Anda.

Minuman beralkohol, selain dapat memicu rasa lapar dalam diri Anda juga akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.


6. Kurangnya Waktu Tidur Yang Berkualitas

Setelah Anda mengalami tidur tak nyenyak di malam hari, keesokan paginya Anda harus bangun kembali di waktu pagi.

Dari kejadian tersebut membuat dua hormon yang berhubungan dengan nafsu makan akan berkonspirasi dengan Anda.

Waktu tidur yang kurang akan meningkatkan kadar ghrelin, dan menurunkan kadar leptin (hormon yang menimbulkan rasa kenyang) dalam tubuh kita.

Akibat dari kurangnya waktu tidur yang berkualitas dalam keseharian Anda akan merangsang nafsu makan sehingga Anda menjadi tidak pernah merasa puas terhadap berbagai makanan.

Oleh karena itu, waktu tidur yang cukup yaitu 7 sampai 8 jam setiap hari merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Agar tingkat energi dan hormon rasa lapar Anda tetap terjaga kestabilannya.


7. Melewatkan Waktu Sarapan

Sebaiknya, Anda jangan pernah melewatkan waktu makan yang telah menjadi kebiasaan Anda, terutama saat sarapan.

Melewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda selalu merasa lapar sepanjang hari dan tentu saja membahayakan kesehatan pula.

Lambung Anda akan mengalami kekosongan dalam waktu lama ketika Anda melewatkan waktu makan, kemudian hormon ghrelin (hormon rasa lapar) akan mengalami peningkatan sehingga akan semakin meluapkan nafsu makan Anda.

Oleh karena itu, disarankan untuk coba memberi jarak antara waktu makan supaya tidak lebih dari 4 sampai 5 jam.

Bila Anda merasa kesulitan dalam kebiasaan sarapan, maka cobalah untuk mengkonsumsi sesuatu setidaknya satu jam setelah bangun, misalnya mengkonsumsi camilan sehat, susu kedelai, atau yang lainnya.


8. Sedang Dilanda Stres

Adrenalin dan hormon kortisol akan meningkat dalam tubuh saat Anda stres. Peningkatan hormon tersebut akan memicu otak untuk berpikir bahwa tubuh sedang “diserang” dan memerlukan banyak energi untuk melawannya, sehingga timbullah rasa lapar dalam diri Anda.

Di samping itu, kondisi stres yang Anda alami akan menurunkan serotonin yang membuat Anda merasa lapar, padahal sebenarnya Anda masih kenyang.

Ketika stres melanda, maka dianjurkan untuk melakukan latihan yoga atau memainkan musik klasik yang menenangkan saat pulang ke rumah, sehingga tingkat stres yang dialami bisa lebih diturunkan.


9. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Ketika Anda mengkonsumsi obat-obat reguler, seperti obat antidepresan, nafsu makan Anda akan cenderung meningkat.

Karena memang ada beberapa obat yang mengandung zat yang dapat mempengaruhi nafsu makan sehingga tubuh akan lebih cepat dalam proses penyembuhan.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/05/31/092506123/Sering.Lapar.Bisa.Jadi.9.Hal.Ini.Penyebabnya.



0 Response to "9 Penyebab Tubuh Sering Merasa Lapar"