8 Asupan Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Anda





8 Asupan Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Anda
Semua Ibu pastinya ingin anaknya memiliki daya tahan tubuh yang baik dengan memilih vitamin terbaik agar anak tidak mudah sakit.

Kesehatan anak merupakan hal yang sangat penting, ibu mana yang tidak “nelangsa” melihat anaknya dalam keadaan sakit.

Bila anak sehat, tentu tumbuh kembangnya pun akan berjalan dengan baik.

Namun, banyaknya merek vitamin anak yang berfungsi sebagai imunitas yang beredar di pasaran terkadang membuat orangtua bingung dalam memilih vitamin yang cocok untuk Ananknya.

Baca juga: Tips Sederhana Merawat Kesehatan Gigi Anak Anda

Vitamin-vitamin yang alami akan lebih baik diberikan untuk anak Anda. Karena orangtua akan lebih mengetahui asupan seperti apa yang akan dikonsumsi anak.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa macam makanan yang dapat dijadikan vitamin dalam menjaga daya tahan tubuh anak Anda.


1. Sayur Bayam

Para ibu tentu sudah tidak merasa asing dengan jenis sayuran ini. Di samping harganya murah, banyak pula manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman bayam.

Salah satu zat yang baik terkandung dalam sayuran bayam adalah Beta karoten dan bioflavonoid, zat ini merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta racun yang dapat mengancam kesehatan setiap saat.

Manfaat lainnya dari sayur bayam adalah menurunkan risiko terkena penyakit kanker, mencegah berbagai penyakit jantung, meningkatkan kinerja otak, menambah energi yang baik, mencegah katarak, dan meningkatkan daya penglihatan. Jadi, pastikan menu sayuran satu ada di masakan setiap harinya ya!


2. Produk Susu dan Telur

Membiasakan anak minum susu saat sarapan dan sebelum tidur akan membuatnya tidak mudah terserang penyakit, dan juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan giginya.

Bagi anak di bawah satu tahun, jangan remehkan pemberian ASI ekslusif oleh Ibu. Karena, sudah banyak terbukti kalau dalam ASI ekslusif terkandung zat yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh anak Anda.

Di samping rutin memberikan susu, telur dan keju juga memiliki kandungan protein yang baik dalam mencegah berbagai macam penyakit dan menunjang pertumbuhan anak Anda.


3. Buah Jeruk, Strawberry dan Kiwi

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk memang cukup tinggi. Jenis vitamin ini merupakan zat yang baik dalam meningkatkan sistem imuitas tubuh.

Penting sekali bagi para orangtua untuk membiasakan anak agar menyukai buah-buahan, terutama yang banyak mengandung vitamin C, agar daya tubuhnya tetap terjaga bahkan hingga ia dewasa kelak.

Selain jeruk, buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi juga terdapat pada strawberry dan buah kiwi.


4. Daging Sapi

Menghemat boleh saja, namun tidak mengapa Anda sesekali menghidangkan menu daging di rumah agar gizi seluruh anggota keluarga menjadi lebih lengkap.

Daging juga diketahui bisa menjadi vitamin yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh Anak Anda karena mengandung selenium di dalamnya.

Namun, pastikan memasak daging sampai matang ya bunda, sebab pencernaan anak belum sekompleks orang dewasa, jadi masih perlu hati-hati dalam mengolah makanan.


5. Ikan Tuna

Sama seperti pada daging sapi, pada ikan tuna juga terdapat kandungan selenium yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh serta kandungan omega-3 yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Jadi, selain daya tahan tubuh anak dapat terjaga, juga anak bisa lebih pintar dan cerdas.


6. Kentang

Pada kentang terdapat kandungan serat yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh anak Anda. Sebaiknya kentang dimasak dengan cara direbus, agar lebih banyak khasiat yang didapatkan.


7. Jamur Tiram

Jamur yang direkomendasikan oleh para ahli gizi agar sering dikonsumsi adalah jenis jamur tiram dan shitake. Jamur jenis ini kaya akan kandungan vitamin B2, B3, B12, kalsium, dan mineral.

Semua zat tersebut merupakan vitamin yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Jamur memiliki kelebihan lain yaitu walaupun dimasak dengan suhu tinggi, kandungan vitamin di dalamnya tidak mudah rusak. Jadi, panganan ini bisa dimasak dengan kreasi sesuka hati.


8. Labu Kuning

Buah labu kuning (waluh) ini memiliki kandungan vitamin C dan biokimia yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan cuma itu, labu kuning juga mengandung banyak zat lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, riboflavin, vitamin A, E dan K.

Namun, sebaiknya anak jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah ini, sebab dapat mengakibatkan kulit berwarna kuning.


Itulah beberapa asupan penting yang dapat berfungsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar kuat dan sehat.

Dengan memberikan asupan makanan-makanan di atas dan disertai dengan penerapan gaya hidup yang sehat, maka anak Anda akan selalu terjaga kondisi kesehatannya dari serangan berbagai penyakit.

Sumber:
http://bunda.co/9-vitamin-anak-untuk-daya-tahan-tubuh-aman-sehat/1864/



0 Response to "8 Asupan Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Anda"