7 Tips Agar Kekebalan Tubuh Anak Anda Tetap Terjaga





7 Tips Agar Kekebalan Tubuh Anak Anda Tetap Terjaga
Sistem imunitas merupakan salah satu bentuk dari keajaiban tubuh manusia, imunitas atau kekebalan tubuh adalah fungsi kerja tubuh yang secara otomatis menangkal efek negatif ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan adanya sistem imunitas yang baik pada tubuh anak Anda, maka berbagai serangan dari virus, bakteri, dan jamur yang menjadi sumber penyakit dapat dibentengi sehingga anak tidak mudah menderita suatu penyakit.

Anak Anda akan sangat berisiko terkena serangan penyakit apabila kondisi kekebalan tubuhnya menurun.

Oleh sebab itu, supaya si kecil senantiasa dalam kondisi prima, maka menjaga kekebalan tubuh anak Anda merupakan hal sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tips yang orangtua perlu lakukan dalam menjaga si kecil agar tidak mudah sakit:

Baca juga: Timbulnya Masalah Pertumbuhan Pada Anak Alergi Susu Sapi


1. Pemberian ASI Ekslusif Sejak Bayi

Manfaat air susu ibu, selain merupakan sumber nutrisi juga sebagai pemasok zat penting yang akan menjaga sistem kekebalan tubuh bayi.

Bahkan, manfaat ASI sebagai penguat sistem imunitas bayi juga akan dirasakannya hingga ia beranjak dewasa meskipun ibu sudah tidak memberinya lagi ASI.

Pasokan antibodi yang terkandung dalam ASI sangat penting bagi bayi, sebab kekebalan tubuh di usianya masih belum berkembang dengan optimal.

Para ahli menganjurkan untuk para ibu agar memberikan ASI kepada bayi khususnya pada usia 0-1 tahun.


2. Hindari Memberi Anak Konsumsi Gula Berlebih

Terlalu banyak mengasup makanan dengan kandungan gula melebihi angka normal disinyalir bisa mengurangi tingkat kekebalan tubuh seseorang, untuk itu para ibu sebaiknya membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti coklat, permen, minuman dan kue-kue manis kepada anaknya.


3. Berikan Makanan yang Banyak Mengandung Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak yang baik untuk tubuh, komponen ini banyak terkandung dalam panganan ikan dan terbukti mampu mengurangi peradangan serta mengoptimalkan sistem imunitas si kecil.

Kandungan omega-3 selain banyak terdapat pada ikan laut, juga banyak terdapat minyak nabati seperti minyak canola, flaxseed, dan minyak kedelai, serta kacang-kacangan, biji-bijian, maupun sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan brokoli.


4. Berikan Anak Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik adalah kelompok bakteri sehat yang tumbuh dalam sistem pencernaan manusia. Bakteri ini baik dalam menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat mengakibatkan si kecil sakit. Seperti kita ketahui, banyak penyakit yang timbul bermula dari sistem pencernaan yang kurang sehat.

Oleh sebab itu, mengasup makanan probiotik secara rutin disinyalir dapat membantu dalam menjaga sistem imunitas anak Anda khususnya menjaga pencernaan mereka agar dapat bekerja optimal, sehingga berbagai jenis penyakit yang timbul dari pencernaan dapat dicegah dengan maksimal.

Orangtua bisa memperoleh probiotik serbuk dengan membelinya di apotek, dan mencampurkan zat tersebut ke dalam susu maupun air putih.

Probiotik juga bisa didapatkan dari makanan seperti yogurt dan kefir yang baik untuk memperkaya bakteri baik pada perut si buah hati.


5. Sering Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Pada usia anak-anak, memang banyak dari mereka yang kurang menyukai panganan jenis sayuran dan buah.

Padahal, dua jenis panganan ini merupakan asupan yang sangat dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh mereka.

Sayuran dan buah tidak hanya kaya akan kandungan serat dan nutrisi, tapi juga mengandung fitonutrient serta antioksidan yang mampu membuat kerja sistem kekebalan tubuh anak Anda menjadi lebih optimal.


6. Cukupi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C merupakan zat yang juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh kita.

Namun, dalam memberikan asupan vitamin C juga perlu memperhatikan dosis yang tepat untuk anak Anda. misalnya, anak usia 1-3 tahun kebutuhan vitamin C-nya sekitar 150 mg, dan 250 mg untuk anak usia 3-5 tahun.

Mencukupi kebutuhan vitamin C akan membuat anak Anda lebih terjaga kesehatan di setiap aktivitas hariannya.

Beberapa makanan yang juga kaya akan kandungan vitamin C  antara lain seperti buah jeruk, mangga, dan sayuran brokoli.


7. Penuhi Kebutuhan Vitamin A

Vitamin A merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam kesehatan sistem syaraf. Di samping itu, vitamin A juga penting untuk diberikan kepada anak Anda agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dari serangan berbagai infeksi kuman.

Sumber vitamin A yang cukup bagus adalah minyak ikan cod, selain itu juga banyak terdapat pada beberapa jenis makanan seperti wortel, ubi jalar, melon, ikan tuna, mangga, sayuran berwarna hijau gelap, dan buah labu kuning.

Sumber:
http://balitapedia.com/7-cara-alami-memaksimalkan-kekebalan-tubuh-si-kecil/1239



0 Response to "7 Tips Agar Kekebalan Tubuh Anak Anda Tetap Terjaga"