6 Cara Melatih Daya Ingat Agar Tak Cepat Pikun





6 Cara Melatih Daya Ingat Agar Tak Cepat Pikun
Tanpa disadari, penyakit “pikun” bisa menghinggapi siapa saja. Bahkan tidak hanya dialami para lansia, Anda yang masih berusia muda juga bisa saja terkena penyakit ini.

Gejala dari penyakit ini bisa kita lihat misalnya ketika Anda sudah keluar rumah bersiap untuk berangkat kerja, namun kembali lagi masuk ke rumah karena dompet ketinggalan.

Ketika sudah beranjak dari rumah, belum begitu jauh tiba-tiba Anda balik lagi, karena handphone ketinggalan.

Simak juga: 4 Tips Ampuh Untuk Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

Seorang Profesor psikologi di Universitas Alaska, Robert Madigan yang juga merupakan pakar di bidang memori, mengungkapkan bahwa kemampuan manusia dalam mengingat sebenarnya akan semakin baik, hanya saja banyak orang keliru tentang bagaimana otak manusia menyimpan memori.

Salah satu hal yang banyak orang salah paham adalah kemampuan memori tidaklah mengalami perubahan.

Faktanya adalah kemampuan manusia untuk mengingat suatu hal sebenarnya bisa berkurang ketika ia tidak pernah melatih kemampuannya tersebut.

Jadi, sama halnya seperti olahraga, kemampuan menyimpan memori otak manusia harus terus dilatih supaya memiliki daya ingat yang lebih kuat.

Lalu, bagaimana cara melatihnya? Berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kemampuan mengingat otak Anda.


1. Ambil Jeda Pada Setiap Informasi

Apapun materi yang tengah Anda pelajari, cobalah mengambil jeda selang beberapa waktu. Sayangnya, banyak orang yang jarang melakukan hal ini, sebab ada yang merasa lebih mudah bila langsung memasukkan semua informasi ke dalam otak pada satu sesi.


2. Mengasosiasikan Informasi

Mengingat satu-persatu nomor telepon yang terlihat tidak beraturan memang nampaknya seperti hal yang mustahil.

Sebenarnya ada trik yang sederhana, yaitu membuat asosiasi pada sesuatu yang memiliki arti dan mudah diingat.

Misalnya, tanggal hari jadi, hari ulang tahun, atau hal-hal yang memiliki arti lain namun mirip dengan nomor telepon.

Sama halnya dengan mengingat nama seseorang yang baru Anda kenal. Contohnya nama orang yang baru Anda kenal adalah Irfan, bayangkan host yang bernama Irfan Hakim, atau yang lainnya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah ketika pertama kali mendengar namanya, coba dengarkan dengan baik kemudian ucapkan lagi namanya. Contohnya, “Hai Irfan, senang bertemu denganmu”.


3. Menuliskannya

Hal yang ingin Anda ingat sebaiknya dituliskan dalam selembar kertas, baik itu berupa nama, nomor telepon, atau agenda yang akan dikerjakan hari ini. Cara tersebut akan lebih mudah meresap dalam ingatan Anda.

Tuliskanlah dengan pulpen, gerakan fisik saat Anda menulis kemudian membaca tulisan tersebut akan sangat membantu otak Anda dalam mengumpulkan informasi dan menyimpannya.


4. Spesifikasikan Informasi

Ketika Anda perlu mengingat bahwa hari ini Anda harus mengambil laundry sepulang jemput anak sekolah, berikan informasi dengan spesifisik ke otak Anda.

Jangan hanya mengatakan secara umum pada diri sendiri bahwa Anda akan pergi ke laundry, tapi sebutkan bahwa Anda harus berbelok satu kali setelah pertigaan pertama lalu lokasi yang hendak dituju berada di sebelah kiri.

Ditunjukkan oleh sebuah penelitian, bahkan ketika Anda sedang tidak memikirkannya, informasi yang lebih spesifik akan memberi memori yang lebih kuat dalam ingatan bawah sadar Anda, lalu muncul dengan mudah saat Anda memerlukannya.


5. Alih Daya

Walaupun Anda merasa mempunyai daya ingat yang lekat, jangan ragu untuk mengalih-dayakan (outsource) sejumlah hal pada teknologi.

Ketika teknologi memberi Anda berbagai kemudahan, tak perlu Anda mengingat semua hal bila memang kesulitan untuk melakukannya, Anda dapat mengalihkannya pada teknologi.

Misalnya dengan mencatat beberapa informasi yang ingin Anda ingat pada smartphone lalu memunculkannya pada widget dan diberi alarm pengingat.


6. Letakkan di Tempat yang Sama

Untuk mencegah lupa menaruh sesuatu terhadap suatu benda, maka Anda dapat meletakkan benda tersebut di tempat yang sama setiap kali habis memakainya. Dengan demikian Anda tak akan repot untuk mencarinya kembali.

Atau cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengucapkan benda tersebut keras-keras ketika Anda meletakkannya. Jadi, memori Anda akan lebih cepat “loading-nya” ketika Anda sedang mencari benda tersebut.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/05/30/150000623/Kiat.Mudah.Tingkatkan.Daya.Ingat



0 Response to "6 Cara Melatih Daya Ingat Agar Tak Cepat Pikun"