5 Fakta Jalan Kaki Bagi Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh





5 Fakta Jalan Kaki Bagi Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh
Berjalan kaki merupakan salah satu cara terbaik untuk berolahraga, namun sayangnya banyak dari kita kurang memperhatikan pentingnya jalan kaki untuk kesehatan.

Aktivitas ini menjadi kian terabaikan karena bergelimangnya alat transportasi pribadi yang kita punya.

Sebagian dari kita mungkin menganggap bahwa jalan kaki tidaklah termasuk aktivitas berat, sehingga terkesan tidak memberikan efek signifikan bagi kesehatan dan penurunan berat badan.

Justru harus Anda ketahui bahwa jalan kaki sebenarnya mempunyai manfaat sangat besar dalam upaya penurunan berat badan serta terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca juga: 7 Aneka Minuman Jus Penurun Berat Badan

Berikut ini kami akan berbagi beberapa fakta menarik jalan kaki yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin jarang kita ketahui.


1. Jalan Kaki Minim Risiko Cedera Bagi Tubuh

Walaupun berlari merupakan salah satu olahraga terbaik dalam pembakaran kalori dan peningkatan kesehatan kardiovaskuler, tapi ada risiko yang sebenarnya dapat ditimbulkan dari olahraga berlari bila kita tidak melakukannya secara benar dan sedang dalam kondisi tubuh yang tidak prima.

Risiko tersebut berupa pengaruh cukup keras yang dapat muncul pada persendian dan dapat mengakibatkan kerusakan tulang rawan serta beberapa cidera lainnya.

Sedangkan bila kita berjalan kaki, hampir sangat kecil dampak buruk yang bisa ditimbulkan bagi tubuh.

Olahraga ini juga minim risiko bila dibandingkan dengan berlari atau olahraga lain yang memang membutuhkan kondisi tubuh yang prima.


2. Jalan Kaki Tidak Memerlukan Perlengkapan Khusus

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan murah untuk mampu dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Bila dibandingkan dengan olahraga berat lain yang memerlukan berbagai peralatan khusus serta ketersediaan waktu, ruang, dan juga biaya tidak sedikit, jalan kaki sangat murah dan mudah untuk dilakukan.

Anda memerlukan sepatu olahraga untuk melakukan olahraga lari, begitu juga dengan olahraga renang yang tentunya memerlukan kolam renang dengan kondisi yang bersih dan memadai. Sedangkan untuk melakukan olahraga berjalan, Anda bisa melakukannya hanya dengan sandal jepit atau bahkan tanpa alas kaki sekalipun.


3. Jalan Kaki Dapat Membentuk Postur Tubuh

Hampir setiap saat, berjalan kaki menjadi aktivitas yang kita lakukan. Sejak dulu, ketika belum ada kendaraan yang membantu manusia dalam bepergian, jalan kaki adalah cara yang paling sering dilakukan manusia untuk menempuh berbagai medan ke suatu tempat tujuan.

Hal itu membuktikan bahwa berjalan kaki merupakan aktivitas alamiah tubuh yang tidak boleh ditinggalkan oleh manusia.

Kemampuan tersebut sudah kita miliki sejak zaman nenek moyang manusia pertama, oleh sebab itu, aktivitas ini harus tetap dilakukan walaupun mungkin sekarang ini berjalan kaki jarak jauh porsinya lebih besar untuk kepentingan olahraga.

Olahraga berjalan kaki yang kita lakukan secara rutin dan dalam jarak yang cukup jauh akan melatih banyak otot dalam tubuh yang terlibat dalam aktivitas berjalan tersebut sehingga akan membentuk postur tubuh manusia dengan baik.

Bahkan, dengan banyak berjalan dapat menurunkan risiko Anda terkena berbagai masalah tulang dan sendi.


4. Jalan Kaki Dapat Dilakukan Di Mana Saja dan Kapan Saja

Aktivitas berjalan kaki dapat dilakukan di berbagai tempat, tanpa memerlukan track khusus atau Anda tidak perlu pergi ke tempat fitnes.

Berjalan kaki bisa Anda lakukan di manapun tanpa harus merasa canggung, sambil menikmati semua pemandangan yang Anda lewati, dan bertegur sapa dengan orang-orang yang Anda temui di jalan.

Anda dapat berjalan sejauh apapun, dan kemanapun Anda suka. Anda dapat memilih beragam cara berjalan kaki seperti dengan meningkatkan jarak tempuh, menambah maupun membuat tujuan lain, atau membuat variasi lainnya dalam berjalan kaki.


5. Jalan Kaki Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Di samping dapat dilakukan dengan murah, kapan saja dan di mana saja, olahraga berjalan kaki juga dapat dilakukan oleh siapapun juga.

Jalan kaki baik dilakukan oleh siapapun juga, termasuk orangtua, anak-anak, remaja, pria, maupun wanita.

Tidak ada efek samping yang buruk bagi para pejalan kaki, olahraga ini juga dapat dilakukan oleh mereka baik yang sehat bugar, atau mereka yang mempunyai masalah obesitas, bahkan juga mereka yang memiliki kesehatan tertentu.

Selain itu, berjalan kaki adalah aktivitas awal yang sangat baik untuk pemanasan sebelum beralih kepada aktivitas atau olahraga yang lebih keras.

Baca juga: Kurang Olahraga Bukanlah Penyebab Utama Kegemukan


Demikianlah beberapa fakta jalan kaki yang tentunya kini telah membuka mata kita, bahwa ternyata begitu mudahnya olahraga ini dilakukan, dan juga banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari aktivitas ini.

Dengan program yang tepat dan jadwal yang rutin, aktivitas berjalan kaki Anda akan dapat memberikan efek positif pada penurunan berat badan, serta menjaga kesehatan jantung maupun metabolisme tubuh lainnya. Sebab, banyak kalori dan lemak yang mampu dibakar dari aktivitas berjalan kaki.

Sumber: 
http://www.kolomsehat.com/manfaat-berjalan-sebagai-olahraga-ringan/



0 Response to "5 Fakta Jalan Kaki Bagi Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh"