4 Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Kita Waspadai





4 Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Kita Waspadai
Indonesia diketahui termasuk dalam daerah stone belt, yang berarti masyarakatnya mempunyai risiko tinggi menderita batu ginjal.

Bahkan, dari penelitian yang pernah dilakukan terungkap bahwa 2 dari 10 orang Indonesia rentan menderita penyakit batu ginjal.

Namun, sebenarnya kita tidak perlu khawatir, karena penyakit batu ginjal dapat dicegah.

Terpenuhinya kebutuhan air putih sehari-hari merupakan kunci dari pencegahan terhadap penyakit batu ginjal.

Baca juga: Kurangnya Vitamin D Memiliki Hubungan Erat Dengan Autisme

Di samping itu, agar pencegahan bisa dilakukan secara efektif, maka perlu kita ketahui mengenai 4 penyebab umum seseorang terkena penyakit batu ginjal.


1. Kekurangan Cairan Tubuh

Kurangnya kadar air dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan dehidrasi, merupakan penyebab paling umum dari penyakit batu ginjal.

Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan daerah yang beriklim tropis, cuaca di Indonesia tergolong panas, sehingga membuat orang lebih banyak mengeluarkan keringat, namun banyaknya cairan yang keluar melalui keringat ini seringkali tidak diimbangi dengan asupan air putih yang cukup.

Saat mengalami dehidrasi, tubuh kita akan kekurangan cairan namun produksi urin akan tetap terjadi. Hal ini mengakibatkan urin menjadi lebih kental dan memungkinkan terjadinya pengendapan dalam saluran urin. Endapan yang terjadi semakin lama akan mengeras, dan terjadilah batu ginjal.


2. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Minuman Beraroma

Minuman-minuman beraroma yang umumnya tersedia dalam kemasan dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu ginjal.

Begitu juga dengan kopi, teh dan minuman beralkohol. Semua itu disinyalir merupakan minuman yang bersifat diuretik, artinya membuat orang lebih banyak memproduksi urine.

Terlalu banyak urine akan membuat ginjal kita bekerja lebih keras, dan bila dibiarkan terus berlarut, maka fungsi ginjal pun akan berkurang kinerjanya.

Kinerja ginjal yang menurun ini menyebabkan terganggunya fungsu ginjal dalam menyerap zat kalsium dan asam urat sehingga menimbulkan batu dalam saluran ginjal.


3. Sering Menahan Kencing

Ternyata, terlalu sering menahan kencing juga dapat mengakibatkan batu ginjal. Urin yang semestinya dikeluarkan saat kita menahan kencing akan menumpuk pada kantung kemih.

Menumpuknya urin rentan membuat bakteri untuk berkembang biak yang pada akhirnya mengakibatkan infeksi. Infeksi tersebut dapat membuat kerja ginjal menjadi terganggu dan membentuk batu.


4. Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya banyak dialami oleh para wanita, dan ini sangat berisiko terjadinya batu ginjal.

Saat saluran kemih mengalami infeksi yang disebabkan adanya bakteri, fungsi ginjal dalam penyerapan kalsium dan asam urat menjadi tidak optimal.

Hal ini mengakibatkan sisa-sisa kalsium dan asam urat yang tidak terserap tersebut jadi mengendap dan menumpuk pada saluran kemih. Bila terjadi dalam jangka waktu lama maka endapan-endapan tersebut akan membentuk batu ginjal.

Sumber: 
http://health.detik.com/read/2015/08/08/100622/2986717/763/5/kenali-4-penyebab-paling-umum-penyakit-batu-ginjal#



0 Response to "4 Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Kita Waspadai"