12 Cara Makan Sehat Agar Anak Tahan Serangan Penyakit





12 Cara Makan Sehat Agar Anak Tahan Serangan Penyakit
Menjaga kesehatan anaknya dari berbagai serangan penyakit merupakan kewajiban orangtua.

Terutama seorang ibu yang notabene-nya lebih dekat dan sering berinteraksi dengan anak setiap harinya.

Ibu mana yang tidak khawatir ketika anaknya sakit. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan agar anak kebal penyakit perlu dilakukan oleh para ibu dengan sejumlah cara berikut ini:

  1. Biasakan anak sarapan buah dan susu di pagi hari.
  2. Sediakan selalu menu sayuran pada saat makan siang dan makan malam.
  3. Berikan anak bekal makan dari rumah agar tidak jajan sembarangan saat di sekolah.
  4. Jangan biarkan anak Anda terlalu sering makan makanan cepat saji dan mie instan.
  5. Sediakan bekal minum air putih dalam botol ketika anak hendak berangkat sekolah, agar ia tidak terlalu sering jajan es sirup atau membeli minuman beraroma lainnya dengan kandungan gula yang tinggi dan mengandung bahan pengawet.
  6. Latih sensor rasa pada anak dengan membiasakannya mengasup makanan sehat sejak dini. Jangan terlalu banyak memberi asupan yang mengandung banyak gula kepada anak Anda.
  7. Hindari memberi anak konsumsi makanan asin garam dan gurih MSG.
  8. Sebagai orangtua, berikan contoh dalam keseharian Anda untuk memakan makanan sehat. Anda juga dapat menanamkan budaya menanam sayuran, tanaman bumbu, atau tanaman obat di rumah, agar anak terbiasa pada pola hidup dengan makanan sehat.
  9. Pola hidup dan makan sehat yang dibiasakan sejak dini akan mengurangi risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, dan kanker ketika ia dewasa kelak.
  10. Biasakan untuk memasak makanan sendiri di rumah dengan cara yang sehat dan benar. Sehingga anak akan terbiasa dan lebih suka makan masakan rumah, ketimbang membeli makanan cepat saji.
  11. Terapkan imunisasi kepada anak sesuai anjuran kesehatan.
  12. Berikan anak vitamin secara rutin, agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga, terutama ketika tiba peralihan musim, anak jadi tidak gampang sakit.


Pola makan sehat sangat penting untuk bisa ditanamkan kepada anak sejak dini. Ajaklah anak Anda ketika berbelanja sayuran, dan biarkan ia memilih sayuran apa yang paling ia sukai.

Lalu, bisa juga Bunda mengajak anak memasak bersama. Kesehatan anak merupakan tanggung jawab orangtua, jadi jangan biarkan anak Anda terganggu kesehatannya karena penerapan pola makan yang salah terhadapnya.

Sumber:
http://www.parenting.co.id/balita/cara+4+mama+agar+anak+kebal+penyakit



0 Response to "12 Cara Makan Sehat Agar Anak Tahan Serangan Penyakit"