10 Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Mudah





10 Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Mudah
Salah satu bagian tubuh yang kadang sering terabaikan oleh kita masalah kesehatannya adalah gigi.

Sebagian orang mengabaikan penampilan bentuk gigi mereka, karena menganggap gigi hanyalah bagian tubuh yang fungsinya hanya untuk mengunyah makanan.

Padahal, bila selalu dirawat dan dijaga kebersihannya, gigi merupakan bagian tubuh yang sangat menunjang dalam penampilan fisik kita.

Seseorang dengan kondisi gigi yang putih dan bersih akan menjadi lebih percaya diri ketika bertemu serta berbincang dengan orang lain.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Baking Soda Dalam Memutihkan Gigi

Akan tetapi, untuk bisa memiliki gigi putih bersih memang bukanlah hal mudah. Sikat gigi dengan pasta gigi saja belumlah cukup.

Anda juga harus membatasi konsumsi makanan dan minuman yang diyakini bisa merubah warna alami gigi Anda.


Beberapa Penyebab Gigi Menjadi Kuning dan Kusam

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara alami agar gigi Anda nampak lebih putih, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu apa saja yang bisa mengakibatkan gigi Anda menjadi tampak kuning.

1. Kebiasaan Merokok

Dalam rokok terdapat kandungan nikotin yang dapat membuat kondisi mulut menjadi asam. Nikotin pada asap rokok akan menempel pada elemen-elemen di gigi Anda.

Hal inilah yang menyebabkan para perokok kebanyakan memiliki gigi yang tampak berwarna kuning atau kehitaman.

2. Makanan dan Minuman Berwarna Mencolok

Penyebab lainnya yang dapat merusak warna gigi putih alami adalah makanan dan minuman yang mengandung pewarna mencolok.

Perubahan warna pada gigi akan semakin besar kemungkinannya bila Anda sering mengkonsumsi makanan-minuman yang berwarna mencolok.

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari agar gigi nampak lebih putih antara lain permen, saus, minuman bersoda, minuman berenergi, teh, kopi dan minuman beralkohol.

Minuman-minuman yang mengandung soda serta alkohol,  tidak hanya membuat gigi Anda menjadi kuning, tapi juga dapat merusak gigi sehingga menjadi keropos dan cepat berlubang.

3. Kebiasaan Jarang Menyikat Gigi

Sikat gigi Anda minimal 2 kali sehari saat pagi dan malam hari. Kebiasaan jarang menyikat gigi akan membuat sisa-sisa makanan dan zat pada minuman beraroma menempel di gigi.

Selain, menjadi sarang kuman penyakit, membiarkan sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama akan menimbulkan plak pada gigi dan berlanjut menjadi karang gigi.

Adanya karang gigi akan membuat gigi Anda berubah warna menjadi kusam, sehingga penampilan gigi Anda menjadi tidak sedap dipandang.


10 Cara Alami Membuat Gigi Anda Tampak Lebih Putih dan Bersih

3 penyebab gigi menjadi kuning di atas sebisa mungkin harus Anda hindari bila menginginkan gigi Anda nampak lebih putih dan indah dipandang.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki gigi yang tampak kuning dan ingin memutihkannya kembali, berikut ini kami akan berbagi beberapa cara dalam memutihkan gigi secara alami.

1. Mengkonsumsi Produk Susu

Seperti kita tahu, bahwa susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Kesehatan dan kekuatan gigi Anda akan lebih terjaga dengan banyak mengkonsumsi susu dan produk susu lainnya seperti keju dan yoghurt. Gigi yang kuat dan sehat, akan tampak lebih putih dan bersih.

2. Makan Buah dan Sayur

Noda pada gigi Anda juga dapat dicegah dengan rutin memakan buah dan sayur. Konsumsi buah dan sayur yang renyah seperti apel, wortel, atau pir, akan membantu mengangkat noda serta kotoran yang melekat pada gigi.

3. Menggunakan Buah Strawberry

Kandungan asam malat yang terdapat pada buah strawberry juga dapat berkhasiat untuk membuat gigi tampak lebih putih.

Asam malat dapat berfungsi dalam mengikis noda yang melekat pada gigi. Caranya sangat mudah, cukup dengan memakai potongan buah strawberry dan menempelkannya pada gigi selama kurang lebih 5 menit. Kemudian bersihkan gigi dengan berkumur untuk menghilangkan sisa strawberry yang masih melekat.

4. Memakai Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata ampuh untuk menghilangkan noda pada gigi dengan tidak merusak lapisan emailnya.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menggosok-gosokkan gigi Anda dengan kulit jeruk yang masih segar.

5. Memakai Daun Salam

Mungkin, banyak orang tidak mengetahui khasiat dari daun salam yang ternyata bisa digunakan untuk bahan pemutih gigi.

Caranya yaitu dengan menjemur 5 atau 6 lembar daun salam hingga kering, kemudian dihaluskan sampai menjadi bubuk. Setelah itu, gosokkan pada gigi dengan rutin setiap hari.

6. Memakai Biji Asam

Biji asam jawa ternyata juga dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan mencuci biji asam hingga bersih, lalu goreng sangrai sampai matang dan ditumbuk hingga halus. Usapkan bubuk biji asam ke seluruh permukaan gigi setidaknya 2 kali setiap hari.

7. Memakai Cuka Apel

Cuka apel yang memiliki sifat abrasive, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pemutih gigi.

Caranya sangat mudah, celupkan sikat gigi ke dalam cuka apel, dan gunakan untuk menggosok gigi. Tapi, jangan terlalu lama menggosok gigi dengan cuka apel ini, dan juga segera bersihkan sisa cuka apel yang ada di mulut dengan cara berkumur.

Sebab, cuka apel juga memiliki dampak negatif dikarenakan kandungan asamnya yang sangat kuat sehingga dapat menghilangkan kalsium dan mengurangi kekuatan gigi bila Anda menggosoknya terlalu lama.

Sebaiknya juga penggunaan cuka apel ini jangan terlalu sering, cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

8. Menggunakan Biji Pinang

Dalam biji pinang terdapat kandungan zat yang bersifat astringent dan hemostatic. Khasiatnya ialah untuk memutihkan gigi dan mengencangkan gusi.

Biji pinang bahkan telah digunakan oleh orangtua sejak zaman dulu untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji pinang sampai gosong dan haluskan hingga benar-benar lembut.

Gunakan kain katun untuk menggosok biji pinang yang telah dihaluskan ke seluruh permukaan gigi. Melakukan cara ini sebaiknya juga jangan terlalu sering, cukup 2 kali saja dalam seminggu.

9. Menggunakan Kayu Siwak

Bahan pemutih gigi yang satu ini juga telah digunakan oleh orangtua sejak zaman dulu. Siwak merupakan kayu yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif dari sikat dan pasta gigi.

Dalam Siwak terdapat kandungan yang berkhasiat seperti klorida, pottasium, sodium bicarbonate, vitamin C, sulfur, silika, trimethyl, amine, tannis, dan banyak pula mineral lainnya yang bermanfaat dalam membersihkan, memutihkan, dan menyehatkan gigi maupun gusi. Zat-zat tersebut biasanya dijadikan pula sebagai ekstrak dalam bahan pasta gigi yang sering kita pakai.

Baca juga: Tips Sederhana Merawat Kesehatan Gigi Anak Anda

10. Berkumur Dengan Larutan Lemon dan Garam

Campurkan garam secukupnya pada perasan jeruk lemon, kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

Larutan lemon dan garam tersebut memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu menghilangkan kuman dalam gigi yang menyebabkannya menjadi kuning.


Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membuat gigi Anda tampak lebih putih dan sehat.

Semoga posting ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi di media sosial agar teman-teman dan keluarga Anda juga mengetahuinya.

Sumber:
http://miynorie.blogspot.co.id/2014/12/cara-memutihkan-gigi.html



0 Response to "10 Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Mudah"