Turunkan Tensi Darah dengan Mengkonsumsi Teh Hitam





Turunkan Tensi Darah dengan Mengkonsumsi Teh Hitam
female.kompas.com
Sebenarnya untuk mengelola tensi darah supaya tetap normal ada banyak cara, baik melalui perubahan pola makan serta gaya hidup atau dengan menggunakan obat-obatan.

Bagi anda yang belum tahu, bahwa ternyata salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan rutin meminum teh hitam.

Tekanan darah yang bervariasi dapat menjadi indikasi serius sehingga menyebabkan kesalahan dalam sistem kardiovaskuler.

Gejala stroke biasanya diawali dari peningkatan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Baca juga: Menanggulangi Kondisi Sembelit agar tidak Menjadi Kronis

American Journal of Clinical Nutrition baru-baru ini mempublikasikan sebuah artikel yang mengklaim bahwa minum teh hitam adalah cara yang efektif dalam menurunkan variasi tekanan darah.

Para ilmuwan meyakini bahwa dalam teh hitam tidak terkandung kafein dan memberikan dampak positif pada penurunan tensi.

Hal lain yang membedakan teh hitam dengan teh jenis lainnya ialah teh hitam lebih teroksidasi karena daunnya mengalami fermentasi lebih lama.

Teh hitam juga sebelumnya sempat diketahui mampu meningkatkan sensor kewaspadaan, mengatasi pengerasan arteri, dan mencegah penyakit parkinson.

Tim peneliti dari Australia melakukan beberapa eksperimen untuk mengetahui efek sesungguhnya dari teh hitam terhadap tekanan darah.

Pada eksperimen tersebut melibatkan 111 pria dan wanita yang menunjukkan gejala pra-hipertensi. Para partisipan dalam eksperimen tersebut diberikan pertanyaan mengenai bagaimana kebiasaan minum tehnya setiap hari, dan dalam kurun waktu waktu 6 bulan sudahkah memonitor tensi darah mereka sampai 3 kali.

Pada penelitian itu menunjukkan hasil bahwa tiga cangkir teh yang kita minum setiap hari dapat memberikan efek penurunan terhadap variasi tekanan darah hingga 10%.

Efek dari minum teh hitam tersebut akan terlihat hanya dalam waktu satu hari dan akan terus berlanjut dalam enam bulan selama anda melakukan kebiasaan itu.

Namun, disarankan pula oleh para ahli agar selain rajin minum teh hitam, orang dengan tensi darah yang mulai tinggi sebaiknya juga rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter.

Pola makannya agar lebih dijaga dan banyak mengasup sayur dan buah, mengurangi stres, serta membatasi konsumsi garam dan alkohol, supaya tekanan darah bisa diturunkan.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2013/04/05/15455384/Teh.Hitam.Bantu.Turunkan.Tensi.Darah



2 Responses to "Turunkan Tensi Darah dengan Mengkonsumsi Teh Hitam"

Diah Siregar mengatakan...

wah, info baru nih. saya biasanya minum teh di pagi hari. oya, ini tehnya yang original (tanpa tambahan gula) atau tetap sama efeknya jika kita minum teh + gula ataupun susu?

Agustinus Darto Iwan Setiawan mengatakan...

Ooooo, jadi teh hitam punya khasiat seperti itu ya... wah...
Mulai sekarang minum teh hitam aaahhh