Beberapa Sayuran Memang Sebaiknya Dimasak Agar Lebih Bergizi





Beberapa Sayuran Memang Sebaiknya Dimasak Agar Lebih Bergizi
dokita.co
Memang tidak salah bila banyak orang beranggapan bahwa sayuran segar memiliki kandungan gizi yang lebih sehat, namun ada pula sejumlah sayuran yang setelah dimasak justru meningkat kadar nutrisinya.

Menurut Rui Hai Liu, seorang profesor ilmu makanan dari Cornell University, tak selalu benar kalau semua sayuran yang dimasak itu akan mengurangi kadar nutrisinya dibandingkan bila disajikan dalam keadaan segar.

Baca juga: Khasiat Ketimun Sebagai Pembersih Organ Tubuh Kita

Justru beberapa jenis sayuran yang akan dijelaskan di sini adalah sayuran yang memiliki banyak nutrisi yang terikat di dinding sel, dan dengan adanya proses memasak maka membantu untuk melepaskannya sehingga nutrisi tersebut dapat lebih mudah diserap oleh tubuh.

Bayam

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau sayuran yang satu ini memang mengandung banyak nutrisi. Namun, bayam yang dimasak sebenarnya akan dapat memberikan tubuh kita lebih banyak serapan kalsium dan zat besi di dalamnya.

Hal ini dikarenakan kandungan asam oksalat pada bayam dapat menghambat penyerapan kalsium dan zat besi, dan hanya dengan suhu tinggi kandungan oksalat tersebut dapat dipecah sehingga nutrisi pada bayam bisa lebih mudah diserap oleh tubuh.

Pada sebuah penelitian juga ditunjukkan bahwa kadar oksalat dalam bayam mampu berkurang hingga 40 persen dengan merebus bayam di air mendidih kemudian menyiraminya dengan air dingin.

Tomat

Dalam tomat terdapat fitokimia yang bernama likopen, dan kandungan dari likopen tersebut bisa meningkat dalam proses pemanasan atau saat memasak tomat.

Zat likopen yang merupakan pemberi warna pada tomat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Liu, memanaskan tomat pada suhu 80 derajat celcius selama 30 menit akan meningkatkan level penyerapan likopen hingga 35 persen.

Kendati proses pemasakan tersebut menurunkan kadar vitamin C, namun kemampuan antioksidannya bisa meningkat sampai 62 persen.

Jamur

Semangkuk jamur akan memiliki kandungan niacin, potasium, magnesium, dan zinc dua kali lipat lebih banyak bila dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Di samping itu, terkadang pada jamur mentah masih memiliki sedikit kandungan racun bila dimakan dalam keadaan mentah.

Asparagus

Pada studi yang dilakukan pada tahun 2006, asparagus yang dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dapat meningkatkan level 6 nutrisi penting di dalamnya hingga 16 persen. Pada salah satu zat tersebut terdapat asam phenolic yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Wortel

Proses pemasakan pada wortel akan memunculkan karotenoid yang merupakan zat pelawan kanker. Dan hasil studi tahun 2008 mengungkapkan bahwa wortel yang direbus hingga agak lembek akan meningkatkan sampai 14 persen konsentrasi karotenoid tersebut. Tapi bila anda menggorengnya justru akan menurunkan kadar karotenoidnya sebanyak 13 persen.

***

Itulah beberapa manfaat dari sejumlah sayuran yang dimasak dahulu sebelum dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan ke teman anda di social media.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/03/04/091000923/Daftar.Sayuran.yang.Lebih.Bergizi.Jika.Dimasak



0 Response to "Beberapa Sayuran Memang Sebaiknya Dimasak Agar Lebih Bergizi"