Perbanyak Makan Sayur untuk Menghindari Stroke





Perbanyak Makan Sayur untuk Menghindari Serangan Stroke
www.obatpenyakitstroke.info
Stroke memang menjadi momok yang menakutkan bagi kesehatan.

Penyakit berbahaya tidak menular ini juga menjadi salah satu penyumbang terbesar angka kematian di dunia.

Bahkan, kalau dulu penyakit ini mungkin lebih banyak menyerang orang pada usia lanjut, sekarang rasanya bukanlah hal aneh lagi bila mendengar ada orang berusia muda yang terkena stroke.

Sebenarnya penyakit stroke dapatlah dicegah, salah satunya dengan cara lebih banyak mengasup sayuran agar kesehatan pembuluh darah tetap terjaga.

Baca juga: Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Stroke banyak disebabkan karena penebalan dinding dalam pembuluh arteri akibat penumpukan kolesterol yang mengandung lemak (plak).

Adanya plak tersebut membuat aliran darah menyempit sehingga distribusinya ke seluruh tubuh akan berkurang.

Sebuah studi baru-baru saja mengungkap kaitan antara konsumsi serat dengan penyakit kardiovaskular yang mencakup penyakit stroke dan jantung koroner.

Penelitian yang dilakukan oleh Victoria Burley menunjukkan riset yang bersifat jangka panjang. Dikumpulkannya 8 penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1990 dan melibatkan 500 ribu partisipan.

Mereka semua diwawancarai tentang konsumsi serat yang mereka lakukan selama ini, serta diikuti pula dengan rekam jejak kesehatannya selama 8-19 tahun.

Dari survey dan penelitian tersebut, para peneliti menemukan risiko stroke dapat berkurang hingga 7 % untuk setiap 7 gram serat yang ditambahkan dalam konsumsinya sehari-hari.

Mereka yang paling rajin dalam konsumsi serat ternyata memiliki risiko rendah terhadap serangan stroke.

Penambahan serat sebanyak 7 gram ini bisa didapatkan dari sayuran, buah-buahan, atau dua potong roti gandum utuh.

Bahan pangan yang memiliki kandungan serat tinggi biasanya juga kalorinya sangat rendah sehingga membantu pula dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Baca juga: Turunkan Tensi Darah dengan Mengkonsumsi Teh Hitam

Di samping itu, makanan dengan kandungan serat yang tinggi juga memiliki kandungan vitamin, antioksidan, dan mineral dalam jumlah yang banyak. Termasuk flavonoid dan polifenol yang dapat membuat lebih elastis pembuluh darah anda.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2013/04/20/10200824/Cegah.Stroke.Perbanyak.Makan.Sayur