Manfaat Air Alkali yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat Indonesia





Manfaat Air Alkali yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat Indonesia
biocera-indonesia.com
Sekarang ini banyak air minum ber-alkali yang beredar di pasaran.

Mereka yang menjualnya memberikan klaim bahwa air alkali memiliki lebih banyak manfaat untuk metabolisme tubuh ketimbang air putih.

Tapi apakah benar demikian? Kalau memang benar, lalu bisa enggak ya membuatnya sendiri?

Sangat penting untuk kita bisa mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan.

Makanan merupakan pembentuk asam atau basa bergantung bagaimana pengaruhnya pada tubuh.

Sifat asam didapat bila pH (potential of hydrogen) atau derajat keasaman kurang dari 7, sedangkan basa mengandung pH di atas 7.

Baca juga: Cara Mudah Buat Anda Agar Menyukai Sayuran

Supaya memperoleh kondisi kesehatan yang baik, maka tubuh kita membutuhkan pH sedikit di atas 7.

Ketika anda dapat menjaga pH tubuh tetap berada pada angka tersebut, maka semua perbaikan yang terjadi dalam tubuh akan bekerja secara efektif. Lantas, bagaimana cara tubuh mendapatkanya?

pH yang optimal, bisa didapatkan dari air alkali, sebab air putih biasa memiliki pH yang normal.

Itulah mengapa air alkali baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dengan memberikan pH yang pas untuk segala perbaikan yang terjadi dalam tubuh.

Air alkali sangatlah dibutuhkan oleh tubuh, terutama di zaman yang serba modern ini di mana sangat banyak radikal bebas bertebaran di sekitar kita, mulai dari asap rokok, polusi dari asap kendaraan, debu, dan kotoran-kotoran di udara.

Ditambah lagi, aktivitas kerja yang padat, pola makan yang kurang sehat, jam istirahat yang kurang cukup, dan stres yang melanda, semuanya adalah faktor-faktor yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Dari semua faktor tersebut sangatlah berperan dalam menciptakan tubuh yang terlalu asam.

Dengan demikian air alkali sangatlah berkhasiat untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralisir derajat keasaman dalam metabolismenya.

Terkadang, banyak orang yang malah terbalik pola makannya. Mereka lebih banyak memakan makanan yang mengandung asam (acid) seperti nasi, mie, telur, keju dan sejenisnya.

Padahal, justru seharusnya makanan yang kita konsumsi itu yang mengandung basa seperti kentang, lobak, brokoli, apel, dan makanan basa lainnya. Kenyataannya malah makanan seperti itu sangat jarang dikonsumsi.

Di samping menetralisir keasaman dalam tubuh, air alkali juga memiliki manfaat lain seperti melancarkan peredaran darah, mengurangi darah tinggi, juga meluruhkan lemak-lemak yang berada di pembuluh darah sehingga menghindari seseorang dari terkena stroke.

Air dengan kandungan alkali memiliki molekul yang lebih kecil, jadi lebih mudah untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Itulah mengapa air alkali lebih gampang diserap oleh tubuh. Namun, tetap saja konsumsi yang terlalu berlebihan juga tidaklah baik untuk kesehatan.

Segala sesuatunya memang harus seimbang, jangan terlalu banyak, atau jangan terlalu sedikit.

Baca juga: Minuman Manis Saat Olahraga Buat Tubuh Makin Lelah

Masyarakat Indonesia sayangnya memang belum banyak mengetahui tentang khasiat dari air alkali ini, maka tak heran bila air ini belum menjadi konsumsi yang biasa dilakukan sehari-hari.

Sumber:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Kebugaran/Benarkah-Khasiat-Air-Alkali-Lebih-Banyak-daripada-Air-Putih