Batu Ginjal Juga Dapat Dipicu Karena Sayuran Hijau





Batu Ginjal Juga Dapat Dipicu Karena Sayuran Hijau
101jakfm.com
Cukup banyak orang yang menderita penyakit ginjal di Indonesia. Batu ginjal merupakan penyakit yang terbentuk dari gumpalan kalsium, magnesium, dan asam urat.

Pemicu terbentuknya batu ginjal ini bisa diakibatkan oleh beberapa jenis makanan.

Salah satu bahan makanan yang disinyalir menjadi pemicu batu ginjal adalah sayuran hijau.

Oksalat dalam jumlah tinggi juga ternyata dikandung oleh makanan sehat yang kaya serat dan vitamin tersebut.

Jumlah oksalat dalam urine akan semakin meningkat apabila kita sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan oksalat yang tinggi.

Simak juga: Perbanyak Makan Sayur untuk Menghindari Serangan Stroke

Hal ini tentu berkaitan juga dengan kalsium dalam urine sehingga menyebabkan terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat.

Di antara sayuran berdaun hijau yang banyak kandungan oksalatnya yaitu kale, lobak, bit hijau, bayam, kacang-kacangan, wheat bran, bubuk cokelat, dan juga kedelai.

Memang kaitan pasti batu ginjal dengan makanan berdaun hijau ini masih abu-abu. Namun, banyak orang sehat yang datang ke dokter dengan keluhan batu ginjal.

Dan ternyata makanan-makanan dengan kandungan protein yang tinggi juga bisa menjadi pemicunya.

Munculnya batu dalam ginjal bisa juga disebabkan karena terkumpulnya banyak garam dan asam ke urine karena terlalu kebanyakan protein hewani.

Hal ini pula yang menjadi penyebab orang memilih menjadi vegetarian dan lebih jarang mengalami batu ginjal, walau banyak makan sayuran.

Selain itu, faktor lain seperti garis keturunan, kekurangan magnesium, dan obesitas juga bisa mempengaruhi munculnya penyakit batu ginjal.

Artinya, risiko terkena penyakit batu ginjal memang dimiliki siapapun, hanya saja mengurangi asupan makanan yang tinggi oksalat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko tersebut.

Hal yang paling penting untuk dilakukan dalam melawan kadar oksalat dan menghambat pembentukan batu dalam ginjal adalah dengen mengkonsumsi cukup air, mengurangi asupan garam meja, dan menambahkan perasan air jeruk (jeruk biasa maupun lemon) dalam minuman yang dapat mengurangi kadar protein hewani dalam tubuh.

Konsumsi makanan kaya kalsium dan oksalat secara bersamaan juga sangat direkomendasikan, karena keduanya akan saling mengikat dalam lambung dan usus, sehingga tidak terjadi pengendapan dalam ginjal dan urin.

Baca juga: 4 Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Kita Waspadai

Atau bisa juga dengan meminum segelas susu sebagai pendamping dari makanan yang anda konsumsi.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/04/02/110000523/Sayuran.Hijau.Juga.Memicu.Terbentuknya.Batu.Ginjal



0 Response to "Batu Ginjal Juga Dapat Dipicu Karena Sayuran Hijau"